Tentang Blog

LightBlog

Breaking

Rabu, 29 April 2015

Ini Alasan Mengapa Obama dan Mark Zuckerberg Tak Pernah 'Ganti' Baju

Dua sosok paling berpengaruh dari Amerika, Barack Obama dan Mark Zuckerberg, mempunyai kesamaan dalam hal pakaian. Keduanya dikenal hampir tidak pernah mengganti 'dresscode' wajib mereka. Saat tampil di hadapan publik, Presiden Obama selalu memakai setelan baju resmi plus jas berwarna abu-abu atau biru. Sementara bos Facebook, Mark Zuckerberg, terkenal dengan kaos oblong abu-abu yang dipakainya setiap hari. Nah, baru-baru ini, psikolog bernama Roy F. Baumeister mengaku berhasil mengungkap alasan di balik gaya berpakaian yang tetap Obama dan Mark Zuckerberg. Menurut penelitian Baumeister, kebiasaan Obama dan Zuckerberg memakai baju yang sama setiap hari disebabkan oleh sebuah fenomena yang disebut decision fatigue atau kelelahan mengambil keputusan.


Mengingat Obama dan Zuckerberg adalah sosok penting yang dituntut mengambil banyak keputusan penting setiap harinya, mereka terdorong mengurangi porsi 'berpikir' untuk kebutuhan lain yang sifatnya sepele, seperti memilih baju. Oleh sebab itu, mereka sengaja mengenakan baju yang sama setiap hari demi hal lain yang lebih penting. "Anda akan melihat jika saya hanya memakai setelan berwarna abu-abu atau biru. Saya tidak mau repot-repot mengambil keputusan apa yang saya makan atau kenakan hari ini, sebab ada banyak keputusan lain yang lebih penting yang harus saya buat," ujar Obama tahun 2012 lalu.

Senada dengan apa yang dikatakan oleh psikolog Baumeister dan Presiden Obama, Mark Zuckerberg mengungkapkan bila memakai baju yang sama bisa membuat hidupnya lebih mudah. "Aku ada di posisi yang sangat beruntung di mana aku harus bangun setiap pagi dan membantu lebih dari satu miliar orang (di Facebook). Dan aku merasa tidak bisa melakukan pekerjaan ku dengan baik jika aku menghabiskan energi untuk hal-hal tidak penting dalam hidupku, seperti memilih baju," kata Mark Zuckerberg bulan November tahun 2014 lalu.

Ternyata bukan hanya Obama dan Mark Zuckerberg saja yang tidak mau ambil pusing dengan gaya berpakaian mereka. Mendiang bos Apple, Steve Jobs juga melakukan hal sama. Hampir setiap hari, pria berkacamata itu mengenakan celana jeans biru dan sweater khas berwarna hitam.

Apakah Anda ingin mencoba kebiasaan unik mereka?

Sumber: merdeka.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar