Jangan Ngaku Orang Purwokerto Kalau Belum Selfie Di Air Mancur Alun-Alun

10.45.00
Masyarakat kota Purwokerto seolah sudah melupakan besarnya anggaran yang dikucurkan untuk renovasi alun-alun Purwokerto “jilid 2″ yang mencapai Rp 1,4 miliar. Setelah sebelumnya direnovasi pada tahun 2008 di era Bupati Mardjoko, pada tahun 2014 lalu (era Bupati Achmad Husein) alun-alun Purwokerto direnovasi kembali. Renovasi berupa penggantian rumput, dari semula rumput impor diganti dengan rumput yang baru (lokal). Dibuat pula air mancur dengan lampu warna-warni, serta fasilitas penunjang lainnya.  Renovasi ini sempat mendapat kritikan masyarakat, terutama kalangan akademisi dan budayawan, lantaran dianggap sebagai pemborosan. Alun-alun Purwokerto resmi dibuka kembali untuk masyarakat, setelah ditutup sekitar 6 bulan pengerjaan renovasi. Pembukaan dilakukan pada Rabu (31/12) jelang perayaan malam tahun baru 2015, yang ditandai dengan pembongkaran pagar penutup yang mengelilingi alun-alun selama proyek berlangsung.


Memang, alun alun Purwokerto terkini tampak lebih cantik. Yang membuat ‘tampil beda’ tidak lain adalah adanya  penambahan space berupa 2 (dua) lokasi air mancur yang berada disebelah selatan barat dan timur. Di malam hari akan tampak berwarna warni, karena lighting yang memang di-design memancarkan warna yang berganti-ganti.  Penataan taman juga lebih rapih dan indah, dikelilingi lokasi tempat duduk dan berbagai fasilitas pendukung lainnya. Tempat pembuangan sampah tampak lebih banyak untuk menjaga kebersihan. Rumput yang ditanam saat ini adalah dari material lokal yang lebih empuk dan kuat.
Pemkab tetap menerapkan kebijakan alun-alun bebas dari Pedagang Kaki Lima (PKL). Kecuali khusus menyambut tahun baru 1 Januari 2015 yang lalu Pemkab Banyumas memberikan kebijakan dengan menempatkan PKL di Jalan Ragasemangsang dan Jalan Pengadilan (sebelah timur alun-alun) untuk berjualan. Kini setiap sore hingga malam, alun-alun Purwokerto menjadi arena publik yang ramai. Banyak keluarga datang ke alun-alun untuk bermain dan bercengkerama. Demikian pula muda-mudi asyik duduk-duduk di alun-alun Purwokerto. Dan kini dengan adanya air mancur yang indah, menjadi tempat favorit untuk foto-foto, termasuk selfie. Akun instagram, twitter, path, dan facebook netizen Purwokerto, dan Banyumas pada umumnya, sedang ngetrend foto-foto selfie di depan air mancur warna alun-alun Purwokerto. Pendatang dari luar yang sedang visit ke Banyumas pun tertarik untuk singgah.

Komentar mereka, para netizen, pun umumnya bangga dengan wajah baru alun-alun Purwokerto terkini. Mereka mem-posting foto dengan hashtag #AirMancur #AlunAlunPurwokerto.
“Belum jadi anak gaul Purwokerto kalo belum foto di sini ???????????????????? #AirMancur #AlunALunPurwokerto”, kata akun @suryasolekhati. Akun lain @biyanithahanifa mem-post: “Katanya belum jadi anak Purwokerto kalau belum foto di air mancur alun-alun..”. Sementara @kifayatidewi bilang : “berasa jadi anak gahoels Purwokerto geto0h

Akun @arieez84 sangat bangga: “Luar biasa nih alun-alun Purwokerto”. Dia tak lupa mention ke akun twitter Bupati Banyumas @ir_achmadhusein dan Gubernur Jawa Tengah @ganjarpranowo. Wow!!!
Lainnya bernada sama. Seperti kata @imaminita : “Jangan ngaku orang Purwokerto kalau belum foto selfie di air mancur alun-alun Purwokerto wkwkkwkw”. Sedangkan akun lainnya @ichamarucha menulis : “Lagi happening banget ya selfie di air mancur warna alun-alun Purwokerto”.
Berikut ini foto-foto yang berhasil dihimpun yang diunggah di akun instagram dan twitter:






Ayo siapa belum datang ke alun-alun Purwokerto untuk selfie?

Share this :

Previous
Next Post »

close
close