Indonesia Hebat! Robot Karya Siswa SD Jadi Juara Dunia

16.16.00
Generasi muda Indonesia kembali mengharumkan nama baik bangsanya dalam kancah internasional. Baru-baru ini, tim robotika yang berasal dari Sekolah Dasar Muhammadiyah 4 Pucang, Surabaya berhasil menjuarai kompetisi robotika tingkat internasional yang diadakan di Singapura, yaitu Robocup Singapore Open 2015. Robot rescue yang dibuat oleh tim ROBOFIGHTER tersebut berhasil meyingkirkan 60 tim lawan dari berbagai negara yang juga ikut serta dalam kompetisi tersebut. Robot karya anak bangsa tersebut juga mampu menjalankan berbagai perintah dan tugas yang diberikan panitia lomba, seperti berjalan sesuaio dengan line tracer atau garis lintasan yang telah ditetapkan, serta mendeteksi benda dan meletakan kembali di tempat yang telah ditentukan.


Robot yang dirakit dalam waktu tiga pekan tersebut dilengkapi dengan tujuh buah sensor, di antaranya sensor garis dan sensor ultrasonic. Meskipun sempat mengahdapi kesulitan saat mengangkat benda dan meletakannya kembali ke tempat yang ditentukan, tim ROBOFIGHTER berhasil melewati tugas tersebut dan menjuarai kompetisi.

Selain tim ROBOFIGHTER, SD Muhammadiyah 4 Pucang juga mengirimkan satu tim lain bernama ROBORUSH yang juga berhasil meraih juara ke-2 dalam ajang yang sama.

Sumber: metrotvnews.com

Share this :

Previous
Next Post »

close
close