Jika Jadi Presiden, Jokowi Jamin Masalah Lumpur Lapindo Selesai

13.36.00
Bakal calon presiden dari PDI Perjuangan Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi korban lumpur Lapindo di Sidoarjo, Jawa Timur. Jokowi mengungkapkan, permasalahan korban Lumpur Lapindo sebenarnya bisa selesai jika negara ambil bagian. Bahkan, dia menjamin akan selesai jika dia jadi presiden. Namun bukan menggunakan uang negara untuk membayarkan utang ganti rugi. "Kalau negara hadir maka masalahnya pasti rampung. Kan bukan saya yang pegang negara. Saya berani kalau jamin itu (selesaikan). Tapi kalau bayar nanti dulu, saya mau bayar jangan-jangan ada yang lain," jelasnya di Bandara Ngurah Rai, Bali, Kamis (29/5).

Menurut Jokowi, siapa yang seharusnya membayar ganti rugi kepada warga korban Lumpur Lapindo sudah jelas. Karena yang seharusnya membayar adalah PT Lapindo Berantas, dimana menjadi awal mula adanya tragedi tersebut. "Ganti rugi duitnya siapa. Itu yang salah siapa. Sudah jelas belum. Masak negara nggak berani melakukan. Negara berdaulat kok. Berdaulat politik ya gitu itu," ujarnya. Dia mengungkapkan, negara harus hadir dalam kasus ini karena menjadi permasalahan nasional. Pasalnya banyak rakyat yang menderita karena adanya tragedi Lumpur Lapindo ini.

"Ini hubungannya dengan rakyat yg menderita gitu lho. Kita ini kan detail masuk ke lapangan dulu. Makronya itu dulu aja. Ini bukan masalah kecil tapi masalah besar. Terserah usahanya. Saya punya cara tidak saya sebut sekarang," tegas Jokowi.

Ketika ditanyai apakah akan memaksa PT Lapindo Berantas, Jokowi menjawab, tidak perlu melakukan hal tersebut. Karena sebelum dirinya menjadi presiden saja, mereka sudah melakukan pembayaran.

"Nggak dipaksa saja sudah bayar kok. Belum tentu. Kalau nanti Presidennya Jokowi belum tentu. Kalau Presidennya Jokowi siapa tahu langsung dibayar. Kan gak ngerti kita. Jangan mendahului namanya berprasangka," tutupnya.

Sumber:  merdeka.com

Share this :

Previous
Next Post »

close
close