Tentang Blog

LightBlog

Breaking

Jumat, 18 November 2016

Supermoon Bikin Manusia Jadi Lupa Ingatan ?

Di bulan November ini ada satu fenomena alam yang dinantikan banyak manusia di muka bumi yaitu Supermoon.  Menurut para astronom, supermoon merupakan masa dimana bulan berada pada jarak terdekat dengan bumi sehingga penampakan bulan akan terlihat jelas. Kamu mungkin pernah mendengar bahwa supermoon mampu memberikan dampak pada perilaku manusia sehingga menjadi lebih liar. Beberapa penelitian juga mengatakan bahwa supermoon bisa menurunkan kualitas tidur.

Well, sebuah penelitian yang dilakukan di Swiss pda tahun 2013 menemukan bahwa supermoon membuat waktu tidur berkurang rata-rata 20 menit. "Selain mengganggu waktu tidur, maka mereka yang menderita gangguan bipolar afektif, supermoon membuat penderita bipolar ini berada pada titik dimana mereka sangat tertekan hingga membuatnya jadi lupa ingatan meski hanya sebentar," terang Dr Niall McCrae, seorang dosen kesehatan mental di King College London.

Lantas apa yang menjadi sebabnya?
"Hingga saat ini para peneliti masih berusaha menemukan hubungan antara supermoon dengan kesehatan mental manusia. Namun para perawat di rumah sakit khusus menangani kesehatan mental pun setuju bahwa para pasiennya menjadi lebih sering gelisah saat supermoon tiba."

2 komentar:

  1. srius, baru tahu kalo supermoon pnya dampak negatif lupa ingatan sprti itu...

    BalasHapus