Tentang Blog

LightBlog

Breaking

Senin, 29 Februari 2016

Ciri-Ciri Konsultan SEO Palsu Lengkap

Search Engine Optimization (SEO) menjadi suatu trend tersendiri khususnya bagi blogger, hingga para pebisnis. SEO bisa digunakan untuk mengoptimalkan situs menjadi ‘Top Ten’ di berbagai mesin pencari seperti Google dan Yahoo! Dengan demikian, baik situs pribadi maupun korporate bisa menjadi ‘lebih dikenal’ oleh para pengguna internet, dan mampu meningkatkan omzet penjualan secara tidak langsung bagi para korporate. Seiring perkembangan SEO, berbagai aktor yang menamakan diri konsultan SEO pun bermunculan. Tentu saja, hal ini dilatarbelakangi karena SEO adalah tambang emas segar yang bisa dimanfaatkan sebagai salah satu profesi. Meningkatnya peminatan baik dari para blogger maupun perusahaan terhadap SEO, meningkat pula berbagai orang yang menawarkan diri menjadi konsultan SEO.


Banyaknya para konsultan SEO bukan berarti menjadi hal yang selalu positif bagi para pencari jasa konsultan. Inilah yang kemudian wajib diwaspadai oleh para pengguna jasa terutama terkait dengan transaksi jual beli jasa konsultan tersebut. Ada dua kemungkinan yang perlu diwaspadai terhadap para konsultan SEO tersebut.

Pertama, waspadalah pada para konsultan SEO ‘ndeso’ yang masih amatir. Secara knowledge dasar mungkin para SEO ini sudah bisa melakukan proses SEO secara sederhana. Akan tetapi, belum tentu ia mampu optimal dalam mengerjakannya. Biasanya mereka akan menawarkan harga murah (dan tentu saja), serta akan ditambahkan ‘embel-embel’ mereka adalah kaum profesional yang mampu meningkatkan rating situs Anda. Dari segi harga, siapa yang tidak tertarik untuk memanfaatkan jasa SEO yang menawarkan harga sedemikian murah? Namun, apa dampak yang akan Anda dapatkan? Ada dua hal yang kemudian memberikan kerugian bagi Anda, antara lain meskipun biayanya tergolong kecil, Anda sudah menginvestasikan sejumlah uang Anda ke konsultan yang tidak bisa memberikan hasil optimal. Dengan demikian, ujung-ujungnya Anda pun yang rugi baik dari sisi finansial maupun waktu. Yang kedua adalah, resiko rusaknya website Anda sendiri. Jika Anda akan mengoptimalkan situs dengan menggunakan SEO, pasti ada beberapa resiko yang mungkin saja muncul, salah satunya yaitu gangguan pada situs Anda sendiri. Nah, inilah yang harus diwaspadai bagi para penawar jasa konsultan SEO amatir. Mereka mungkin saja bisa melakukan proses SEO tapi tidak bertanggung jawab bila ada kerusakan dalam website Anda tersebut.

Kedua, jika Anda menggunakan jasa konsultan SEO yang ‘pro’ dan sebaliknya dunia SEO adalah hal baru bagi Anda, waspadalah! Kita tidak bisa meragukan kelihaian para pro SEO dalam menangani website Anda. Tapi, kita perlu berhati-hati, jika integritas dari konsultan tersebut rendah. Sebagai contoh nyata, jika Anda kurang paham tentang dunia SEO termasuk harga pasaran jasa SEO pada umumnya, bisa saja Anda dimanfaatkan olehnya. Anda ditawari sejumlah harga konsultasi selangit namun Anda hanya mendapatkan beberapa fitur saja.

Sebaiknya, sebelum menyewa jasa konsultan SEO, Anda wajib membekali diri tentang pengetahuan yang memadai tentang SEO. Manfaatkanlah fasilitas mesin pencari Google dan atau Yahoo! Untuk mencari segala seluk beluk tentang SEO. Termasuk, Anda perlu mencari harga pasaran jasa seorang SEO tersebut sebelum mengadakan transaksi.Cari juga tentang portofolio si konsultan tersebut. Jika perlu, cari pula nomor telepon atau e-mail yang bisa dihubungi untuk memastikan kejelasan si konsultan. Perbanyak pula bertanya kepada para kolega atau melakukan blog-walking serta masuk ke berbagai situs sharing seperti kaskus, dan sebagainya. Hal ini sangat berguna bagi Anda untuk membekali diri Anda sebelum melakukan penyewaan jasa konsultan SEO. Bijaklah sebelum menggunakan jasa konsultan SEO!

14 komentar:

  1. makasih infonya gan, mending usaha cari backlink yg top aja :D

    BalasHapus
  2. mending belajar sendiri biar nambah ilmu (:

    BalasHapus
  3. kalo saya sih main on page, off page, riset keyword udah itu aja gan seo saya hehe

    BalasHapus
  4. kalau saya mah bagusan belajar sendiri nambah ilmu :)

    BalasHapus
  5. mantaps! artikelnya bikin nambah ilmu

    BalasHapus
  6. wah, harus hati2 sama ciri orang kayag gitu

    BalasHapus
  7. Makasih gan infonya, jadi tambah tau ane

    BalasHapus
  8. namanya juga dunia internet gan, ga bakalan ada orang yg jujur wkkw

    BalasHapus
  9. Hihi itu adalah tindakan kirimalitas kang.

    BalasHapus
  10. wah ternyata jasa seo juga ada yang palsu juga yah gan :(

    BalasHapus