Tentang Blog

LightBlog

Breaking

Rabu, 23 Desember 2015

Gawat, Merokok Mampu Memperparah Jerawat !

Sudah bukan rahasia lagi jika rokok mampu merusak kesehatan tubuh Anda secara perlahan. Jika selama ini yang Anda ketahui bahwa rokok mampu merusak kesehatan jantung, paru-paru, menyebabkan stroke, memicu kanker, hingga kematian dini, maka sebuah penelitian yang dilansir dari dailymail.co.uk menemukan dampak buruk rokok bagi kesehatan kulit.

Sebuah penelitian yang dipresentasikan di British Association of Dermatologists' Annual Conference di Manchester ini memaparkan bahwa merokok mampu memperparah jerawat Anda atau bahkan menyebabkan jerawat.

"Merokok tidak hanya menyebabkan keriput di wajah Anda namun mampu memperburuk jerawat yang sudah Anda. Hasil ini berdasarkan dari kondisi kulit beberapa remaja yang berjerawat namun juga merokok. Kami menemukan banyak munculnya jaringan parut di wajah mereka yang berjerawat yang disebabkan karena kandungan bahan kimia dari rokok. Pori-pori yang terbuka akan menjadi tempat favorit bagi bahan kimia tersebut yang kemudian menghasilkan jaringan parut. Selain parut, pori-pori juga akan semakin membesar dan permukaan kulit yang tidak rata," terang Dr Raman Bhutani, anggota penelitian ini.

"Remaja merupakan kelompok usia yang paling banyak menderita jerawat. Remaja juga menjadi fase bagi seseorang untuk mencoba hal yang baru seperti merokok. Kami berharap dengan temuan ini, maka akan semakin banyak remaja yang mengurungkan niat mereka untuk merokok," ujar Nina Goad dari British Association of Dermatologists menanggapi hasil penelitian ini.

Jerawat sendiri terjadi saat kelenjar penghasil minyak di kulit berproduksi secara berlebih. Kemudian minyak yang bercampur dengan bakteri, kotoran, dan bahan kimia lainnya akan menjadi jerawat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar