Tentang Blog

LightBlog

Breaking

Rabu, 23 Desember 2015

3 Kebiasaan Baik yang Justru Bikin Jerawatan

Biasanya, munculnya jerawat disebabkan oleh fluktuasi hormon yang tak stabil. Namun selain hormon, jerawat juga bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti kebiasaan sehari-hari. Anda tentu sudah tahu kebiasaan buruk yang bisa memicu jerawat, seperti malas membersihkan wajah, memakai make up saat tidur, dan lainnya.

Tapi jangan salah, tak hanya kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan jerawat. Kebiasaan baik pun bisa memicu jerawat lho! Berikut adalah beberapa kebiasaan baik yang ternyata justru bikin jerawatan, seperti dilansir oleh Women's Health Mag.

1. Terlalu sering menggunakan produk pengelupas kulit
Sesekali melakukan pengelupasan kulit dengan produk-produk khusus memang baik untuk mengangkat sel kulit mati dan mempercepat regenerasi kulit. Namun terlalu sering menggunakannya bisa menyebabkan iritasi dan peradangan pada kulit. Sering menggunakan produk pengelupasan kulit awalnya akan membuat kulit kering, kemudian berjerawat. Jika ingin menggunakan produk pengelupas kulit, sebaiknya lakukan konsultasi dulu dengan ahlinya.

2. Yoga
Melakukan yoga tentu membuat tubuh sehat, dan menyenangkan jika dilakukan bersama teman. Tetapi perhatikan alas yoga yang Anda gunakan. Alas yoga yang sering digunakan menyimpan keringat, debu, dan kotoran lain. Jika Anda menempelkan wajah atau bagian tubuh lain ke alas yoga, waspadalah. Ini bisa menyebabkan jerawat pada wajah atau bagian tubuh lainnya. Untuk mencegahnya, bawa alas yoga Anda sendiri, bersihkan sebelum dan sesudah menggunakannya, kemudian bersihkan wajah Anda setiap selesai yoga.

3. Merawat rambut dan poni
Kebiasaan merawat rambut dan poni juga bisa menyebabkan jerawat di dahi. Ini terjadi ketika folikel rambut di kepala tersumbat, mengalami peradangan, dan menimbulkan jerawat. Ini bisa disebabkan oleh produk perawatan rambut yang tak cocok untuk Anda. Bahan-bahan yang bisa memicu jerawat antara lain silicon, sulfat, petroleum, jojoba oil, shea butter, dan lainnya. Bahan-bahan ini menyebabkan bakteri terperangkap pada pori-pori dan memicu jerawat. Sebaiknya perhatikan komposisi perawatan rambut Anda.

Itulah beberapa kebiasaan yang sebenarnya baik tetapi bisa memicu munculnya jerawat. Jangan berhenti melakukan kebiasaan di atas, namun sebaiknya hati-hati ketika melakukannya. Tetap jaga kebersihan dan minta pendapat ahli jika perlu agar kebiasaan tersebut tak menyebabkan jerawat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar