Tentang Blog

LightBlog

Breaking

Jumat, 20 Maret 2015

Dokter Ini Klaim Bisa Memindah Kepala Manusia

Dokter asal Italia, Sergio Canavero, mengklaim bisa melakukan transplantasi kepala. Ini memang mirip dengan kisah-kisah fiksi ilmiah. Namun Canavero tak sedang berkelakar. Keterangan itu rencananya akan dia paparkan dalam konferensi American Academy of Neorological and Ortopaedic Surgeon di Maryland bulan Juni mendatang. Dikutip Dream dari inquisitr.com, Jumat 6 Maret 2015, dokter dari Turin Advanced Neuromodulation Group Italia itu berharap bisa meningkatkan kehidupan para penderita kanker atau kelumpuhan dengan melakukan transplantasi kepala. Dia percaya operasi itu akan berlangsung dengan sukses dalam waktu dua tahun mendatang.


“Saya pikir, saat ini kita berada pada titik bahwa aspek teknik operasi ini semua bisa dilakukan,” kata Canavero. “Jika masyarakat tidak ingin ini, saya tidak akan melakukannya. Tapi jika masyarakat tidak menginginkan ini, di Amerika Serikat atau Eropa, itu bukan berarti ini tidak akan dilakukan di tempat lainnya. Saya mencoba melakukan ini dengan cara yang benar, namun sebelum pergi ke bulan, Anda ingin meyakinkan orang lain untuk mengikuti Anda,” tambah dia.

Klaim Canavero ini memicu perdebatan di kalangan ilmuwan. Menurut asisten profesor klinik neurosurgery di Weill Cornell Medical College, Dr Ezriel Kornel, prosedur ini sejatinya merupakan transplantasi tubuh, bukan transplantasi kepala. Dan sementara konsep ini, kata Kornel, “secara teknis dalam wilayah kemungkinan,” tidak diketahui pasti seberapa sehat seorang pasien setelah melakukan proses transplantasi ini. Menurut Kornel, sebelum transplantasi seperti ini dicoba, peneliti perlu menunjukkan apakah sumsum tulang belakang bisa tumbuh bersama pada manusia. Tantangan lain transplantasi kepala adalah bagaimana membuat pita suara bisa bekerja setelah operasi, memastikan trakea dan esofagus berfungsi dengan benar, dan bagaimana menghubungkan saraf kontrol pernapasan.

“Ini bukan sesuatu yang akan pernah digunakan dalam kondisi umum. Ini harus digunakan pada seseorang yang memiliki beberapa kegagalan multisistem -gagal jantung, gagal hati, gagal ginjal- dan bukan transplantasi semua organ, ini transplantasi tubuh,” kata Kornel. Meski demikian, kata Kornel, gagasan memindahkan kepala dari tubuh seseorang ke tubuh orang lain pasti menarik. “Tapi itu tidak terjadi dalam waktu dekat,” ujar Kornel.

Sumber: dream.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar