Tentang Blog

LightBlog

Breaking

Sabtu, 22 November 2014

Macam-Macam Varietas Kenari Lengkap

Burung kenari (canary) adalah salah satu jenis burugn kicau yang sangat digemari oleh para pecinta burung. Kelebihan yang disukai dari kenari adalah warna yang indah dan suaranya yang merdu. Siapa pun yang mendengar kicauannya pasti akan terpesona. Untuk itu saat ini kenari adalah primadona dalam dunia burung kicau, dan harganya pun semakin merangkak naik. 
Kenari adalah kelas aves, keluarga Fringillidae dari kerajaan animalia phylum. Burung kenari awalnya berkembang biak di kepulauan Canary dan daratan di bagian timur laut afrika. Tetapi kenari bukan burung asli di sana, hanya dikembangbiakkan di daerah tersebut. Induk dari semua kenari yang saat ini ada merupakan generasi anak dan cucu kenari liar. Sobat EkoDoc, pada kesempatan ini kami akan berbagi informasi mengenai maca-macam varietas kenari. Berikut ini adalah macam-macam varietas kenari :
1. Kenari postur (canary of posture)
Varietas kenari ini merupakan kenari yang dikembangkan dengan mengutamakan keindahan posturnya saja, dan sama sekali tidak memperhatikan kicauaannya. Jadi kenari  postur diminati karena keindahan bulu dan postur tubuhnya semata. 
2. Kenari bagal/hybrid (The mule and hybrid canary)
Varietas kenari ini adalah mutan (hasil persilangan antara burung kenari dan burung finch lainnya. Hasil persilangan ini  bermacam-macam dan menghasilkan beberapa karakter yang menonjol, baik di warna bulunya, postur tubuhnya, atau kicauannya. Tergantung dengan apa kenari dipersilangkan. 
3. Kenari warna (color bred variety)
Kenari varietas ini adalah menitikberatkan pada keunggulan warna bulunya. Artinya, para penangkar kenari warna ini tidak memperhatikan kualityas suaranya, melainkann hanya mengembangkan keindahan warna bulu kenari. 
4. Kenari varietas lagu (song variety)
Kenari varietas ini dapat dipahami dari namanya, yakni kenari yang diutamakan kualitas suara/kicauannya/lagunya. Kenari jenis ini banyak diminati oleh pecinta burung karena banyak yang menilai bahwa burung kenari yang bagus adalah kenari yang gacor dan bersuara bagus. Meskipun ini relatif bagi setiap pecinta burung. 
5. Kenari varietas hasil persilangan
Untuk varietas ini, para penangkar tidak memperhatikan suara, warna bulu, dan postur tubuh kenari, tetapi hanya mengutamakan produktivitas kenari apa pun jenis kenarinya. Artinya kenari varietas ini mempunyai karakter yang bermacam-macam atau kombinasi. 
Sobat EkoDoc, varietas mana yang anda sukai ?  Semua itu realtif karean setiap orang mempunyai kecenderungan dan kesukaan yang berbeda-beda, dan itu sah-sah saja. Tidak ada aturan varietas mana yang harus disukai, tetapi memang saat ini kenari kuning menjadi primadona. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar