Tentang Blog

LightBlog

Breaking

Minggu, 05 Oktober 2014

Mencetak Anakan Ayam Bangkok Yang Istimewa

Sobat pecinta ayam aduan, mempunyai ayam bangkok berkualitas istimewa merupakan harapan dan cita-cita bukan? induk ayam bangkok istimewa pilihan dirasa sebagai salah satu faktor penentu agar anak ayam bangkok punya kualitas istimewa sama dengan induk ayam. induk ayam bangkok dengan silsilah keturunan yang bagus, bakal anak ayam dengan kualitas istimewa kan diperoleh. meski kualitas ayam bangkok dipengaruhi banyak faktor, ketelitian dalam seleksi telur dan tekhnik perawatan ayam termasuk dalam kriteria awal agar ayam bangkok kian istimewa. jika dilihat dari kebiasaan peternak, penetasan telur ayam dari induk dimulai dari turunan ke-2 dst.
Agar tercipta anak ayam bangkok berkualitas istimewa, langkah pertama dimulai dengan memperhatikan posisi sarang enam. tempatkan pada daerah bayangan serta sirkulasi udara yang baik dengan tidak terkena sinar matahari langsung. ayam induk betah dalam mengerami telur bakal anak ayam bangkok lah tujuan hal ini. pemberian dinding berlubang pada sarang eram juga dirasa perlu sebagai perlindungan dari pengaruh lingkungan sekitar. langkah kedua adalah proses pengeraman dengan persiapan seperti berikut ini :
  • pemilihan telur yang akan ditetaskan dengan ukuran sama besar satu sama lain
  • kulit telur dijaga bersih, tidak kotor, dan tidak pecah agar tidak dipatuk induk ayam bangkok.
  • penyimpanan telur tidak melebihi 14 hari serta pemeriksaan suhu induk 50-60 derajat fahrenheit dan tidak boleh lebih dari 65o F atau sekitar 38.3o C dengan terjaga kelembaban ruangan 80% – 90%.
  • kesehatan dan stamina induk ayam terjaga sebelum proses pengeraman agar tidak mudah lelah selama proses pengeraman
Jika minggu pertama ayam bangkok istimewa dalam mengerami terdapat telur yang tidak jadi, dengan gumpalan hitam dalam telur, tidak berwarna merah, tidak seperti jaringan seperti pembuluh darah, berwarna pucat atau tampak adanya noda hitam dibawah kulit, singkirkanlah telur tersebut. setelah minggu ke-2 dalam proses pengeraman, seleksi lah telur kualitas baik dan buruk dengan cara diteropong menggunakan gulungan kertas. telur kualitas buruk jika diteropong terdapat noda hitam dalam telur. ketika anak ayam menetas selama kurang lebih 3 hari, biarkan dirawat oleh induk dahulu sebelum dipisah agar anak ayam bangkok tumbuh lebih kuat. pemisahan membantu anak ayam lebih cepat tumbuh karena didapat pakan ayam berkualitas dan merata sehingga terhindar dari kekurangan gizi dan pertumbuhan anak ayam bangkok lambat. pakan anak ayam bangkok hendaknya seimbang baik untuk protein, karbohidrat, mineral, vitamin, dan air. diiringi juga dengan rawat latih ayam agar anak ayam bangkok berkualitas lebih istimewa. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar