Tentang Blog

LightBlog

Breaking

Sabtu, 11 Oktober 2014

Makan Telur Setiap Hari, Amankah ?

Telur adalah salah satu sumber protein dan nutrisi yang baik untuk tubuh. Namun bukan rahasia lagi bahwa telur juga bisa meningkatkan kolesterol dalam darah jika dikonsumsi terlalu banyak. Lantas, apakah mengonsumsi telur setiap hari baik untuk kesehatan?

Sebenarnya banyak orang yang salah paham mengenai kadar nutrisi dan kolesterol dalam telur. Memang benar bahwa telur mengandung kolesterol dalam jumlah yang banyak. satu butir telur mengandung 200 mls kolesterol. Namun sebenarnya angka ini belum melebihi kebutuhan kolesterol seseorang setiap hari, yaitu 350 mls.

Mengonsumsi telur hanya berarti Anda mendapatkan sumber kolesterol yang cukup besar. Dibandingkan dengan nutrisi dan protein yang ada di dalamnya, jumlah kolesterol ini seharusnya bukan masalah, seperti dilansir oleh Boldsky (10/10).

Mengonsumsi telur setiap hari dikhawatirkan bisa menyebabkan berbagai macam penyakit karena kadar kolesterol di dalamnya. Hal ini sebenarnya tidak benar. Penyakit jantung yang berkaitan dengan kolesterol tidak berkaitan dengan mengonsumsi telur setiap hari. Faktanya, telur justru memberikan asupan kolesterol baik yang bisa mengimbangi kolesterol buruk dalam darah.

Dalam telur, Anda juga bisa mendapatkan choline, protein penting dan zinc yang akan memenuhi kebutuhan nutrisi Anda. Selain itu, telur juga termasuk makanan sehat yang mudah didapatkan, mudah diolah, dan terjangkau untuk dikonsumsi setiap hari.

Menurut peneliti, mengonsumsi enam sampai tujuh butir telur per minggu tidak masalah jika Anda tak memiliki masalah dengan kolesterol dan tekanan darah. Namun bahkan jika Anda memiliki masalah dengan jantung, Anda diperbolehkan untuk makan maksimal empat butir telur per minggu.

Meski begitu perhatikan juga cara memasak telur yang dikonsumsi. Menggoreng telur dengan terlalu banyak minyak hanya akan mengurangi nutrisi di dalamnya dan meningkatkan risiko kesehatan pada jantung. Sementara telur yang direbus maish aman untuk dikonsumsi setiap hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar