The Bird Trainer, Boneka Mekanik Seharga 6 Juta Dolar

13.05.00
Pernah mendengar tentang L'Oiseleur? L'Oiseleur atau The Bird Trainer merupakan salah satu boneka termahal di dunia. Harga yang ditawarkan untuk boneka ini adalah 6.250.000 dolar. Apakah kelebihan boneka ini sehingga dia bisa dihargai setinggi itu? Padahal kalau dilihat sekilas sosoknya tidak melebihi boneka Barbie bertahtakan berlian yang juga dipatok dengan harga selangit.



loi
Photo by Machinedesign.com

L'Oiseleur, boneka setinggi 4 kaki ini merupakan boneka automaton buatan Christian Bailly, seorang ahli dalam bidang automata. Hasil karyanya dibuat dalam jumlah terbatas. Dia tidak mau menerima pesanan untuk membuat boneka automaton dari sembarang orang. Dustin Hoffman, Steven Spielberg, dan David Copperfield adalah beberapa nama yang memiliki hasil karyanya. Automaton sendiri adalah sebutan untuk mesin yang beroperasi tanpa peralatan elektronik atau bahan bakar. Alat seperti ini menggunakan energi mekanik semata sebagai sumber pergerakannya. Boneka automaton sempat menjadi idola pada abad 18. Pada saat itu para bangsawan Eropa menjadikan boneka automaton sebagai barang koleksi.

Sekali pandang, boneka L'Oiseleur terlihat biasa saja. Hanya sebentuk boneka yang menyerupai pria muda Eropa dari zaman Renaisans dengan pedang tersarung di pinggang, seruling di tangan, dan seekor burung kecil di pundak. Tetapi begitu dia mulai bergerak Anda akan takjub dibuatnya. Boneka ini akan menggerakkan seruling ke mulutnya, lalu memainkan lagu Marche des Rois karya Georges Bizet. Jemarinya menari-nari di atas seruling dan matanya bergerak-gerak selagi musik mengalun. Kemudian dua ekor burung, satu bertengger di pundaknya dan yang lain hinggap di tangan akan bergerak-gerak seolah mengikuti irama lagu.

Boneka ini bisa bergerak layaknya boneka dengan bahan bakar listrik dan baterai karena rangkaian rumit roda, per, dan mur yang bergerak secara bersamaan. Secara keseluruhan ada 2.340 bagian berlapis baja yang menyusun L'Oiseleur. Sementara setiap burung terdiri dari 62 bagian.

Awalnya perkiraan dana yang dibutuhkan untuk membuat The Bird Trainer hanya 400.000 dolar. Tetapi penambahan bahan yang sulit dicari, busana khusus, dan aksesoris yang terbuat dari permata membuat ongkos produksi membengkak sampai belasan kali lipat.

Sumber: merdeka.com

Share this :

Previous
Next Post »

close
close