Tips Ampuh Memilih Ayam Saigon Yang Asli

16.02.00
Seperti yang telah diutarakan pada postingan sebelumnya, bahwasanya terdapat berbagai jenis ayam aduan yang ada selain ayam bangkok aduan. misalnya saja ayam saigon yang berasal dari vietnam. ayam saigon ini mungkin masih banyak yang belum mengetahuinya karena memang kepopulerannya masih kalah dengan ayam bangkok (bk). hal itu dikarenakan brand yang tertanam dalam masyarakat pada umumnya tentang ayam aduan, biasanya diidentikkan dengan ayam bangkok. selain itu, peminatnya pun bisa dikatakan masih sedikit di Indonesia. 
Untuk memiliki ayam saigon yang asli dari vietnam, hal yang perlu diketahui dan dipertimbangkan terlebih dahulu adalah bisa dimulai dari mengenali ciri fisiknya, tulangannya, macam dan jenis-jenisnya, kelebihan serta kekurangannya, dan lain-lainnya. ayam saigon biasanya diidentikan dengan gundul atau botak. akan tetapi, ayam saigon ini sebenarnya tak selalu gundul karena ada juga yang berbulu normal seperti ayam bangkok. sebab dalam setiap tetasan telur ayam saigon, terdapat anakan yang sejak menetas sudah gundul dan ada pula yang berbulu normal meskipun pejantan dan indukannya gundul. 
Adapun jenis ayam saigon asli :
  • Ayam saigon botak pada leher dan sebagian kepala, jenis ini merupakan jenis yang umum dan dikenal dikalangan luas.
  • Ayam saigon dengan bulu tipis, jenis ini memiliki bulu yang tipis seperti ayam babon, termasuk juga bulu ekornya pendek.
  • Ayam saigon dengan bulu lengkap, seperti ayam bangkok pada umumnya.

Adapun kelebihan dan kelemahan ayam saigon diantaranya :
Kelebihan ayam aduan saigon

  • Memiliki strukutur tubuh dan tulang lebih besar daripada ayam aduan bangkok, dan kulitnya pun juga lebih tebal. 
  • Memiliki bobot yang lebih berat daripada ayam aduan bangkok maupun ayam aduan birma, 
  • Mempunyai paru-paru yang besar, sehingga mampu bertanding dalam waktu lama.
  • Memiliki otot yang berserat sehingga lebih kuat dalam menerima pukulan dari lawan.

Kelemahan ayam aduan saigon

  • Memiliki tipe dan teknik bertarung yang kurang baik, dan gerakannya lambat.
  • Mempunyai bulu yang gampang pecah, tidak berkilau, kurang cantik, dan mudah patah jika terkena pukulan oleh lawan.

Memilih ayam saigon asli yang gundul sejak menetas memang bisa dikenali sebagai ayam saigon. namun lain halnya jika ayam tersebut sudah berbulu normal. pasti agak susah membedakan dengan ayam bangkok. belum lagi di indonesia, ayam saigon yang ada kebanyakan merupakan trah dari madagaskar. maka dari itu, tips memilih ayam saigon asli yang dapat dilakukan untuk membedakan dengan yang aslinya dapat dilihat dari kerutan disekitar telinga dan leher ayam saigon tersebut.

Share this :

Previous
Next Post »

close
close