Mengenal Lebih Dekat Ayam Saigon Aduan

16.04.00
Ayam saigon aduan merupakan jenis ayam aduan selain ayam bangkok dan birma. ayam saigon aduan ini berasal dari vietnam yang popularitasnya kian membaik di kalangan penghobies dan pecinta ayam aduan. ayam saigon aduan ini dikenal karena mempunyai bentuk kepala yang gundul atau botak, dengan tidak adanya bulu di kepalanya. akan tetapi, ayam saigon ini sebenarnya tidak selalu berkepala gundul karena ada juga ayam saigon yang berbulu normal seperti ayam bangkok. 

Ayam saigon aduan yang terlahir memiliki kepala gundul atau botak sejak lahir secara garis keturunan merupakan ayam yang berasal dari madagascar, bukan vietnam. seperti yang sudah dihak patenkan di dunia internasional perayaman, ayam ganoi ( ayam saigon aduan ) yang merupakan ayam yang berasal dari vietnam aslinya tidak berkepala gundul. dikutip dari buku buku tua GameFowl "sabung ayam seluruh dunia" yang di tulis oleh Dr. Finsterbusch, Werner Lamkemeyer mendapat informasi tentang keaslian ayam vietnam ini. di dalam buku tersebut dijelaskan bahwa sekitar 10.000 tahun yang lalu, imigran malaioiden coklat atau kuning ( orang berketurunan asia ) mengimpor ayam gundul madagascar sebagai hewan peliharaan, ke wilayah asia ( benua nusantara dan negara-negara seperti indonesia, laos, kamboja dan vietnam ) yang diambil dari pantai timur afrika selatan sampai dengan madagaskar dan beberapa pulau kecil di sekitarnya dengan menggunakan kapal layar kecil atau kano. 
Adat-istiadat sabung ayam yang ada di negara vietnam mewajibkan ayam yang diadu harus digundulin atau botak dalam setiap pertandingan, dengan asumsi bahwa ayam aduan yang gundul akan sulit dipegang, mudah dirawat atau diurut leher dan pahanya sehingga kulit menjadi merah dan tebal. maka dengan adanya ayam madagascar yang memang sudah gundul sejak lahir ini, menimbulkan ketertarikan untuk menyilangkan dengan ayam keturunan asli vietnam dan keturunan juara lainnya. 
Sehingga terciptalah keturunan atau darah ayam GA DON. yang terdiri dari 2 jenis yaitu :
  • Keturunan atau darah MA LAI ( sudah terlahir dalam keadaan tidak gundul )
Ayam keturunan ini terkenal dengan julukan ayam vietnam atau Ganoi
  • Keturunan atau darah MA CHI ( sudah terlahir dalam keadaan gundul ) 
Ayam keturunan ini terkenal dengan julukan ayam saigon khususnya di Indonesia.

Di indonesia, banyak ditemukan ayam gundul aduan yang bukan keturunan saigon, melainkan berasal dari keturunan madagaskar. akan tetapi, terdapat perbedaan yang sangat mencolok diantara keduanya terutama dari leher, telinga sampai kepala.

Share this :

Previous
Next Post »

close
close