Selasa, 24 September 2013

Benarkah hantu dapat tertangkap kamera ?

  Eko Sutrisno       Selasa, 24 September 2013
EkoDoc- Hingga saat ini, hantu merupakan salah satu fenomena yang masih belum dapat dibuktikan secara pasti oleh para ilmuwan. Walaupun belum dapat dibuktikan secara ilmiah, namun bukti berupa gambar, rekaman video dan suara atau juga pengakuan saksi sangat banyak beredar dari tahun ke tahun. Pertanyaannya adalah apakah benar sosok hantu itu dapat dengan sengaja atau tidak sengaja terekam kamera?

Memang dalam agama dan kepercayaan yang dianut khususnya orang Indonesia menyebutkan bahwa ada hukum wajib untuk mempercayai hal-hal ghaib. Namun, bagi orang-orang luar (Eropa dan sekitarnya), kebanyakan dari mereka tidak percaya akan adanya hantu apabila belum membuktikannya atau setidaknya mendapatkan (membaca/mendengar) hasil penelitian resmi dari pakar.

Namun, tidak sedikit dari mereka yang percaya akan fenomena hantu ini dan mencoba mencari tahu serta lebih ekstrem lagi dikatakan berburu hantu. Saat ini berbagai peralatan khusus digunakan para pemburu hantu untuk sekadar merekam dan mengabadikan momen, gambar, suara atau juga video hantu.

Menurut mereka yang 'berprofesi' sebagai pemburu hantu, hantu adalah roh dan spirit manusia yang telah meninggal namun masih memiliki tanggungan, masih ada hal yang belum terselesaikan sampai dengan karena hilang arah untuk menuju 'tempat' yang layak. Namun, dikutip dari Livescience (29/01), ternyata tidak sedikit dari para ilmuwan yang justru mengatakan bahwa hantu itu tidak ada. Apa yang dinamakan hantu tersebut hanyalah energi terakhir dari manusia ketika dia mati.

Setelah meninggal dunia, energi sang manusia tersebut akan keluar dan diserap oleh banyak pihak seperti organisme, tumbuhan sampai dengan lingkungan sekitar dan pada saat proses tersebut, peralatan para pemburu hantu berhasil mendeteksi mereka. Dengan kata lain, sampai sekarang masih terjadi perdebatan mengenai ada tidaknya hantu tersebut. Dari perdebatan itu, maka pertanyaan, "Dapatkah hantu terekam kamera?" Menurut para ilmuwan yang tidak percaya adalah tidak dapat, karena 'sesuatu' itu bukan hantu melainkan energi, sedangkan menurut para pemburu hantu adalah dapat.

Terlepas dari perdebatan ada atau tidaknya hantu di dunia ini dan dapat atau tidaknya sesuatu yang dinamakan hantu ini tertangkap kamera, bagaimana menurut pemikiran Anda sendiri.

Berikut ini videonya:


Sumber: merdeka.com
logoblog

Thanks for reading Benarkah hantu dapat tertangkap kamera ?

Previous
« Prev Post

2 komentar: