7 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Saat Menggosok Gigi

23.29.00
EkoDoc- Kesehatan mulut dan gigi bisa dilakukan dengan cara rajin menggosok gigi. Namun sebaiknya Anda menghindari kesalahan seperti yang dilansir dari Care2 ini ketika menggosok gigi ya!

1. Hanya dua kali atau sekali sehariDokter gigi berpesan agar kita menggosok gigi minimal dua kali dalam sehari. Padahal gigi perlu digosok lebih sering, misalnya setelah makan siang, untuk menghindari pertumbuhan bakteri di dalam mulut.


2. Langsung gosok gigi setelah makanJangan langsung menggosok gigi setelah makan. Sebaiknya tunggu 30 menit sebelum membersihkannya. Sebab kondisi gigi masih asam, sehingga menggosoknya akan mendorong asam masuk ke dalam gigi dan memicu timbulnya lubang.

3. Pakai benang gigi setelah gosok gigiTidak ada yang efektif ketika Anda menggunakan benang gigi setelah gosok gigi. Hal ini justru akan mengusir fluoride, senyawa penguat gigi, dan membuat gigi rentan berlubang.

4. Kepala sikat gigi terlalu besarJika kepala sikat gigi terlalu besar, bagian gigi paling belakang tidak akan terjamah. Hal itu pun akan memicu bakteri yang tertinggal, bau mulut, sampai gigi berlubang.

5. Arah menggosok gigiGigi bagian depan perlu digosok ke arah atas dan bawah, demikian juga gigi bagian samping. Kemudian jangan lupakan juga menggosok gigi geraham, bagian dalam gigi depan, dan samping (atas dan bawah), serta lidah.

6. Kumur dengan obat kumur setelah gosok gigiSama seperti penggunaan benang gigi, berkumur dengan obat kumur setelah gosok gigi hanya akan mengusir fluoride. Sebaiknya tunggu beberapa jam terlebih dahulu jika selama ini Anda terbiasa memakai obat kumur.

7. Kebersihan sikat gigiSelain gigi dan mulut, alat yang digunakan untuk membersihkan gigi juga perlu dirawat. Pastikan Anda membilas sikat gigi dengan bersih dan simpan di tempat yang tertutup namun kering.
Itulah beberapa kesalahan ketika menggosok gigi yang sebaiknya dihindari. Apakah selama ini Anda masih sering melakukannya?

Sumber: merdeka.com

Share this :

Previous
Next Post »

2 komentar

  1. bener banget tuh gan, terutama yg arah menggosok gigi..
    kunbal ya gan
    http://ikubarunovryan.blogspot.com/2013/05/gosok-gigi-ada-darah-apa-itu.html

    BalasHapus

close
close