Mana yang lebih baik, makan dengan cepat atau pelan-pelan?

23.34.00
EkoDoc- Lamanya waktu makan memberikan pengaruh yang berbeda pada pencernaan dan berat badan. Lantas mana yang lebih baik, makan dengan cepat atau pelan-pelan? Temukan jawabannya seperti yang dilansir dari eHow berikut ini.

1. Rasa kenyangOtak butuh waktu untuk memberi tahu tubuh bahwa perut sedang lapar dan kapan sudah kenyang. Ketika makan dengan cepat, biasanya tubuh terlambat mendapat sinyal dari otak dan berakibat seseorang terus makan meski sebenarnya sudah kenyang.


2. Asupan kaloriMakan pelan-pelan sama dengan memberikan kesempatan bagi otak untuk 'menghitung' berapa kalori yang sudah dikonsumsi. Sehingga asupan kalori akan terkontrol karena seseorang sadar kapan waktunya berhenti makan.

3. PencernaanSalah satu kelebihan dari makan pelan-pelan adalah melancarkan pencernaan. Bagaimana bisa? Rupanya ketika makan dengan cepat, tubuh kesulitan memecah makanan sehingga penyerapan nutrisi berjalan lambat.

Jika Anda terbiasa makan dengan cepat, cobalah untuk mengunyah pelan-pelan mulai sekarang. Anda akan lebih menikmati warna, aroma, dan rasa makanan sekaligus menyehatkan tubuh secara keseluruhan.

Sumber: merdeka.com

Share this :

Previous
Next Post »

close
close