10 Tanda Handphone Kalian Sedang Disadaap Orang Lain

15.47.00

Biasanya, HP yang disadap akan menampilkan tanda-tanda tertentu yang mengingatkanmu pada fakta bahwa seseorang sedang mengintip data seluler, mendengarkan panggilan, hingga menyadap pesan milikmu. Jika seseorang mendapatkan akses ke HP kamu, dikhawatirkan segala macam perilaku jahat akan dilakukan oleh pihak yang tak bertanggung jawab.

Apakah detikers pernah menduga dan merasa kalau HP kalian sedang disadap? Jika iya, kamu wajib tahu cara mengetahui HP disadap dalam artikel ini.


Cara Mengetahui HP Disadap

Berikut adalah cara mengetahui apakah HP disadap, dilacak, atau dipantau oleh seseorang dengan mengenali tanda berikut ini:


1. Penurunan Daya Baterai Tiba-tiba

Dilansir laman AVG, salah satu ciri kalau HP disadap adalah adanya penurunan masalah baterai. Penurunan kinerja baterai yang tiba-tiba merupakan tanda bahaya utama yang digunakan malware untuk menyadap HP. Akibatnya, terjadi banyak proses latar belakang yang intensif menguras sumber daya, yang membuat HP kita terlalu panas tanpa alasan yang jelas atau daya terkuras lebih cepat dari biasanya.


2. Peningkatan Penggunaan Data Seluler

Peningkatan penggunaan data seluler yang tidak bisa dijelaskan menjadi tanda peringatan lain bahwa HP kamu mungkin telah diretas dan adanya spyware (jenis perangkat lunak berbahaya) yang terpasang di HP-mu. Lonjakan penggunaan data dari spyware disebabkan oleh transfer tidak sah data milikmu dalam jumlah besar ke server jarak jauh. Biasanya digunakan untuk pemerasan atau pencurian identitas untuk dijual ke penjahat dunia maya lainnya.


3. Muncul Iklan dan Aplikasi yang Tidak Diinginkan

Selain mengganggu, iklan dan aplikasi yang tak diinginkan yang berjalan di latar belakang juga menandakan bahwa peretas telah menyusupi HP kamu. Kalau kamu melihat masuknya iklan atau aplikasi mengganggu yang tidak dikenal, segeralah amankan perangkat dengan cara menjalankan pemindaian untuk menemukan dan menghapus virus.


4. HP Butuh Waktu Lama untuk Dimatikan

Shutdown yang lamban merupakan potensi efek samping lain dari penyadapan HP. Hal tersebut sering disebabkan oleh aplikasi atau perangkat lunak jahat. Pasalnya, software tersebut memerlukan waktu ekstra untuk mematikan dan memaksa sistem HP untuk menunggu sebelum perangkat dimatikan.


5. Masuknya Pesan Aneh dan Mencurigakan

Penyadapan HP tidak hanya menyadap panggilan dan pesan, tetapi juga bisa menyebabkan kamu mulai mendapatkan semua jenis pesan spam dan phishing (upaya untuk mencuri informasi data seseorang dengan teknik pengelabuan). Ada baiknya, hindari untuk mengklik tautan apa pun yang dikirim dari nomor tak dikenal atau segera hapus pesan yang mencurigakan.


6. Data Pribadi yang Bocor

Jika informasi pribadi kamu terekspos dalam pelanggaran data, informasi ini bisa tersedia di web gelap. Sehingga, membuat dirimu berisiko terhadap penipuan kartu kredit dan bentuk pencurian identitas lainnya. Tidak hanya sampai situ, pelanggaran data dapat menjadi sinyal bahwa penyadapan HP telah memungkinkan penjahat dunia maya mengakses informasi pribadi yang ditakutkan memunculkan bahaya lain yang mungkin akan terjadi.


7. Menampilkan Aktivitas saat Tidak Digunakan

Apabila HP kamu menampilkan aktivitas saat tidak digunakan, seperti menyala sendiri, mengeluarkan suara, atau tanda aktivitas lain saat kamu tidak menggunakannya, seseorang mungkin memiliki akses jarak jauh ke HP kamu.


8. Masalah Kinerja HP

Masalah kinerja HP seperti macet, ada gangguan, waktu respon atau pemrosesan lambat, hal ini disebabkan oleh masalah perangkat lunak dan perangkat keras. Tapi, masalah tersebut juga bisa menjadi tanda HP kamu disadap. Terutama jika hal ini terjadi bersamaan dengan tanda-tanda penyadapan telepon lainnya.


9. Email yang Diblokir

Kalau email kamu tidak terkirim ke penerima yang dituju, atau ada yang memberitahu kamu bahwa mereka telah mengirimimu email yang tidak pernah masuk ke kotak masuk email kamu, kemungkinan pengaturan email telah dirusak oleh peretas. Bisa jadi, jenis komunikasi yang lain mungkin juga dipantau atau dicegat oleh si penyadap.


10. Situs Website Terlihat Mati

Ketika sesuatu tampak "mati" saat menjelajahi situs web di HP, itu bisa menjadi indikasi kalau HP milikmu telah disusupi oleh malware yang bertindak sebagai proxy antara kamu dan browser milikmu. Hal ini akan mencatat aktivitas. Adapun tanda-tanda yang harus diwaspadai mencakup yaitu seperti kemunculan iklan terus-menerus, bahkan saat kamu menggunakan pemblokir iklan, atau situs yang muncul berperilaku aneh.

Itu dia informasi seputar cara mengetahui HP disadap beserta tanda dan ciri-cirinya. Dengan mengetahui status HP kalian sedang disadap atau tidak, kamu bisa mengambil upaya untuk mendapatkan nomor identifikasi ponsel sehingga kamu bisa mengajukan laporan polisi.

Sumber: detik.com

Share this :

Previous
Next Post »

close
close