Manfaat dan Khasiat dari Anggur Merah Kolesom

14.29.00

Anggur termasuk satu di antara buah digemari oleh masyarakat di Indonesia. Buah ini biasa dimakan secara langsung oleh manusia. Anggur atau dengan nama ilmiah Vitis vinifera L mengandung sejumlah senyawa biologis aktif dengan efek menguntungkan pada kesehatan manusia. Anggur mengandung fitokimia golongan polifenol seperti resveratrol, tannin, golongan flavonoid (catchecin), proanthocyanidhin dan asam lemak (oleanolic acid, oleanolis aldehid) yang berfungsi sebagai penghambat glukosilasi pada proses pembentukan plak sehingga buah anggur (Vitis vinifera L) dapat digunakan sebagai alternative antibakteri dalam pencegahan karies.


Kandungan resveratrol ditemukan pada biji dan kulit anggur. Polifenol yang antimutagenik, antibakteri, dan hormone analog. Mekanisme kerja antibakteri ini termasuk menghambat dinding sel, menghambat asam nukleat, dan sintesis protein. Anggur obat atau sering dikenal dengan nama anggur kolesom adalah minuman fermentasi yang terbuat dari perasan buah anggur. Dari segi dan proses pembuatan sama persis dengan pembuatan wine atau minuman keras yang berasal dari anggur. Hanya, minum ini juga ditambahkan ramuan lain yang dianggap berkhasiat bagi kesehatan. Ekstrak kolesom dan ramuan tradisional sangat efektif untuk meningkatkan nafsu makan, menjaga kesehatan dan kesegaran tubuh, memperlancar peredaran darah, membantu kelancaran metabolisme tubuh, serta menambah stamina dan kekuatan bagi pria.


Agar lebih paham lagi, berikut manfaat lain anggur khasiat obat beserta efek sampingnya, dilansir dari laman healty99, Selasa (14/3/2023).


  • Manfaat Minum Anggur Khasiat Obat
  • Menjaga kesehatan tubuh
  • Meningkatkan nafsu makan
  • Melancarkan peredaran darah
  • Menjaga kesegaran tubuh
  • Membantu meningkatkan sistem metabolisme
  • Menambah stamina pria yang bekerja berat
  • Menghangatkan perut


Aturan dan Efek Samping Anggur Khasiat Obat

Aturan minum anggur khasiat obat

Anggur khasiat obat dianjurkan diminum tiga kali sehari setelah makan. Untuk sekali konsumsi kira-kira sebanyak satu sampai dua seloki (gelas seloki) atau dengan takaran 20 sampai 40 ml.


Efek samping anggur khasiat obat

Anggur khasiat obat termasuk golongan minuman berakohol. Maka itu, minuman ini bisa menyebabkan mabuk, pusing, perut panas dan mual atau muntah jika diminum berlebihan.

Sumber: bola.com

Share this :

Previous
Next Post »

close
close