3 Tips Atasi MicroSD Rusak

15.21.00
Kapasitas memori internal smartphone yang terbatas membutuhkan dukungan dari penyimpanan eksternal. Sampai saat ini, keberadaan microSD sebagai penyimpanan eksternal belum juga tergantikan meskipun jenis kartu memori baru mulai muncul. Kapasitas tertinggi dari microSD sendiri sudah mencapai 2 TB. Sebagai perangkat keras tambahan, microSD tak lepas dari beragam masalah. Salah satu yang paling sering terjadi adalah tidak terbaca atau ada file yang korup. Jika kalian mengalami masalah serupa, jangan panik! Beberapa tips berikut ini dapat kamu lakukan guna menyelamatkan microSD dari kerusakan.

Bersihkan lempengan tembaga



Tips pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan bagian luarnya. Keluarkan microSD dari slot smartphone. Pastikan kamu telah mematikan smartphone terlebih dahulu. Setelah berhasil dikeluarkan, kamu dapat membersihkan lempengan tembaga pada microSD dengan penghapus pensil, cotton bud atau kain microfiber.
Usap bagian ini dengan sangat hati-hati. Jangan sampai menimbulkan goresan pada lempengan tembaganya. Jika dirasa sudah bersih, masukan kembali micro-SD dan periksa apakah micro-SD sudah bisa terbaca atau belum.

Format ulang dari smartphone



Tips berikutnya yang dapat kamu pilih adalah dengan melakukan penghapusan data secara total alias format ulang. Cara ini dapat kamu realisasikan lewat smartphone. Bagi pengguna Android, silakan masuk ke menu Settings, kemudian pilih menu storage. Pada menu storage tersebut, pilihlah opsi Erase SD Card. Dengan demikian microSD akan kembali ke pengaturan pabrik tanpa ada file yang tersisa.

Cek dan format dari PC


Kasus rusaknya microSD sangatlah beragam. Ada kalanya kita dihadapkan pada kondisi dimana microSD tidak terbaca pada smartphone, namun dapat terbaca di PC. Dengan demikian, ada dua opsi yang dapat kita lakukan, yakni mengecek kerusakan microSD atau melakukan proses format data.
Sambungkan smartphone dengan kabel data ke PC. Pastikan smartphone berada pada mode MSC (Mass Storage Mode). Jika sudah, kamu dapat melakukan proses pengecekan microSD melalui Windows Explorer.
Caranya klik kanan drive kartu memori, kemudian pilih properties -> tools-> error checking. Proses pengecekan akan berlangsung. Bila sudah selesai, eject kartu memori kemudian masukkan kembali microSD ke slot memori smartphone. Apakah microSD sudah kembali normal?
Jika belum, mau tak mau kamu harus melakukan proses format data. Bila ada beberapa file yang masih terbaca segera lakukan backup terlebih dahulu dengan cara menyalin file-file tersebut ke folder khusus pada PC. Kalau sudah aman, baru lakukan proses format data.

Share this :

Previous
Next Post »

close
close