Tidak kuliah? Anda Tetap Bisa Jadi Pintar Dengan 5 Cara ini

12.19.00
Kita harus menerima kenyataan bahwa tidak semua orang bisa kuliah. Hal ini dikarenakan banyak sekali hal yang harus disanggupi untuk hanya sekedar mengambil gelar sarjana. Namun meski kuliah itu butuh banyak pengorbanan, belajar itu sama sekali bukan hal mustahil untuk dicapai. Belajar dan mendapat ilmu itu adalah hal yang gratis. Banyak sekali sumber informasi, video edukasi, materi pembelajaran dari web, cetak, maupun audio sudah bisa dicapai dari banyak tempat. Tentu internet adalah hal yang paling banyak memberi sumber dari berupa pengetahuan. Selain itu perpustakaan umum, ataupun televisi adalah sumber yang cukup bagi pula. Adalah hal penting untuk selalu punya keinginan untuk belajar. Meskipun banyak orang yang menganggap belajar merupakan sesuatu yang kurang penting, sesungguhnya belajar itu cukup menyenangkan,lho. Untuk mempelajari sesuatu yang Anda sukai bisa membuat Anda punya perspektif luas dan tidak dangkal, serta berwawasan luas yang dapat diterapkan dalam berbagai objek.

Yuk intip beberapa cara untuk menjadi pintar, tanpa harus menginjak bangku kuliah.

1. Baca Buku
Ini adalah cara terbaik untuk belajar hal baru. Jika Anda adalah orang yang jarang membaca buku, awali saja dengan buku yang sederhana, seperti novel atau buku dengan titel 'bestseller' di toko buku. Membaca buku yang bertema kontroversial juga dapat memotivasi Anda untuk belajar hal baru dan lebih kritis. Opini dari penulis juga dapat membantu Anda untuk membuat argumen dan opini sendiri.

2. Temukan mentor
Dengan mentor, Anda bisa mempelajari subjek yang Anda sukai secara lebih dalam, karena ada yang membantu Anda mengembangkan diri dengan menjadi teman diskusi. Jika dari awal Anda adalah orang yang kritis dan peka akan fenomena baru, tentu Anda akan gelisah jika tidak menemukan partner untuk ngobrol.
Sang mentor juga bisa membantu Anda untuk mencari sumber pembelajaran yang terbaik, tanpa harus menyita waktu. Dia juga akan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang Anda bingungkan dengan jalan diskusi dan ngobrol, tanpa ada kesan sebagai guru dan murid.

3. Menjadi turis
Selalu menarik jika kita mengeksplor sejarah, mengobservasinya dan mengetahui apa yang terjadi pada sejarah tersebut. Pergilah ke semua museum, baik museum pengetahuan ataupun sejarah. Serta pergilah ke perayaan-perayaan yang diadakan setahun sekali, karena hal tersebut baik untuk mengingat segala informasi yang ada di tempat tersebut.

4. Baca Wikipedia atau 'Google' hal yang tidak Anda tahu sebelumnya
Mencari informasi dari Wikipedia atau Google adalah cara terbaik untuk mengetahui secara general beberapa topik yang membuat Anda tertarik. Dengan database yang sangat luas, Wiki dan Google akan memberi Anda informasi dari apapun yang Anda ketik.

5. Perpustakaan Umum
Perpustakaan kota mungkin adalah sumber harta karun paling berharga bagi mereka yang haus akan ilmu. Perpustakaan umum menyediakan tidak hanya buku-buku yang menarik, namun kini juga ada CD maupun DVD edukasional. Banyak juga jurnal-jurnal yang tidak akan kita temui di internet. Selain itu, atmosfer tenang bisa menunjang kamu untuk lebih fokus belajar.

Share this :

Previous
Next Post »

close
close