Tentang Blog

LightBlog

Breaking

Jumat, 10 Juni 2016

Profil Team Spanyol EURO 2016

Menyandang status sebagai juara dalam dua edisi sebelumnya, La Furia Roja berangkat ke Euro tahun ini dengan ambisi untuk menjadi tim pertama yang mencatatkan hat-trick juara! Kegagalan di Piala Dunia 2014 mungkin memang sebuah bencana besar, namun Spanyol tetaplah Spanyol dan mereka berangkat menuju gelaran Euro 2016 tetap dengan status sebagai tim favorit juara. "Kami adalah favorit [untuk menjuarai Euro] karena kami memenangkannya empat tahun lalu," demikian ungkap pelatih Vicente del Bosque soal peluang timnya. Ya, menyandang status sebagai juara bertahan tentunya kiprah Spanyol dalam kancah Piala Eropa tahun ini patut mendapat sorotan utama. Optimisme dan ambisi tinggi diusung pasukan La Furia Roja untuk bisa mencetak rekor hat-trick juara.

Gelaran Piala Eropa 2008 merupakan titik balik kiprah La Furia Roja di pentas internasional. Usai merengkuh trofi Piala Eropa kali kedua dengan mengandaskan Jerman 1-0, Spanyol melanjutkan kisah sukses mereka dengan menyabet trofi Piala Dunia dua tahun berikutnya di Afrika Selatan, menjadikan mereka tim Eropa pertama yang sanggup melakukannya di luar benua biru.
Torehan sejarah terus berlanjut, pada Euro edisi 2012 lalu Spanyol berhasil menahbiskan diri sebagai tim pertama yang mampu mempertahankan trofi juara selepas melibas Italia dengan skor 4-0 di partai final yang berlangsung du Kiev, Ukraina. Sayang deretan rekor mentereng Spanyol ternoda oleh kegagalan mereka di Piala Dunia 2014 dan tentunya hasil negatif itu ingin mereka tebus di perhelatan Euro tahun ini.

Kiper   
Iker Casillas (Porto), David De Gea (Man United), Sergio Rico (Sevilla)   
 Bek   
 Gerard Piqué (Barcelona), Jordi Alba (Barcelona), Marc Bartra (Barcelona), Cesar Azpilicueta (Chelsea), Mikel San José (Athletic Club), Hector Bellerín (Arsenal), Juanfran (Atletico Madrid), Sergio Ramos (Real Madrid)   
Gelandang   
  Bruno (Villarreal), Sergio Busquets (Barcelona), Andres Iniesta (Barcelona), Thiago (Bayern), David Silva (Manchester City), Pedro (Chelsea), Cesc Fabregas (Chelsea), Koke (Atletico Madrid)   
Penyerang   
  Aritz Aduriz (Athletic Bilbao), Nolito (Celta Vigo), Alvaro Morata (Juventus), Lucas Vazquez (Real Madrid).   


Dibandingkan dengan dua edisi Euro sebelumnya, skuat Spanyol tahun ini mengalami banyak perubahan dari komposisi pemain. Sejumlah pemain yang pernah mengangkat trofi juara masih tetap bertahan di tim ini seperti Sergio Ramos, Andres Iniesta dan Iker Casillas.

Selebihnya, dengan masih ditangani Vicente Del Bosque sebagai peramu taktik, kini sang pelatih menggabungkan deretan pemain berpengalaman dengan sejumlah energi baru penuh talenta yang terdapat pada diri Alvaro Morata, Hector Bellerin hingga David De Gea, serta beberapa nama yang sebelumnya tak pernah diperhitungkan namun telah menjalani musim cemerlang seperti Nolito dan Aritz Aduriz.

Dengan kombinasi tersebut yang mampu mencatatkan hasil positif selama melakoni babak kualifikasi serta dalam beberapa laga uji coba terakhir, rasanya tak berlebihan jika tim ini memendam hasrat besar untuk bisa mempertahankan gelar juara.

TAHUN        PENCAPAIAN   
1960        Tidak ikut   
1964        JUARA   
1968        Tidak lolos   
1972        Tidak lolos   
1976        Tidak lolos   
1980        Fase grup   
1984        Runner-up   
1988        Fase grup   
1992        Tidak lolos   
1996        Perempat-final   
2000        Perempat-final   
2004        Fase grup   
2008        JUARA   
2012        JUARA   
2016        ???   

             
STATISTIK        Main: 36 | Menang: 17 | Imbang: 11 | Kalah: 8
Gol: 50 | Kebobolan: 32

Sumber: www.goal.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar