Profil Team Italia EURO 2016

12.08.00
Dan dengan keterlibatan Italia di Euro 2016, dan status sebagai runner-up di edisi 2012, tim yang kini ditangani Antonio Conte masih menjadi salah satu unggulan untuk meraih trofi juara. Pemain yang berkelas, pelatih yang berpengalaman dan ditambah kematangan dan pengalaman bermain di level internasional membuat Italia menjadi tim yang patut diperhitungkan untuk gelar juara, tak peduli dengan kondisi apa pun yang terjadi di kompetisi mereka. Masih ingat skandal Calciopoli yang menerpa sepakbola Italia pada pertengahan 2000an? Di tengah krisis seperti itu, Italia malah menjadi juara dunia pada 2006. Ini sudah menjadi bukti tersendiri betapa Italia masih menjadi poros utama kekuatan sepakbola Eropa.

Kiper   
Gianluigi Buffon (Juventus), Federico Marchetti (Lazio), Salvatore Sirigu (Paris St-Germain)   
 Bek   
Andrea Barzagli (Juventus), Leonardo Bonucci (Juventus), Giorgio Chiellini (Juventus), Angelo Ogbonna (West Ham)   
Gelandang   
Federico Bernardeschi (Fiorentina), Antonio Candreva (Lazio), Matteo Darmian (Manchester United), Daniele de Rossi (Roma), Mattia de Sciglio (Milan), Stephan El Shaarawy (Roma), Alessandro Florenzi (Roma), Emanuele Giaccherini (Bologna), Thiago Motta (Paris St-Germain), Marco Parolo (Lazio), Stefano Sturaro (Juventus)   
Penyerang   
Eder (Sampdoria), Ciro Immobile (Torino), Lorenzo Insigne (Napoli), Graziano Pelle (Southampton), Simone Zaza (Juventus)   

Antonio Conte melakukan banyak perombakan dalam skuatnya. Pemain-pemain muda berbakat banyak diberikan kepercayaan, sementara mereka yang berpengalaman mulai tersingkir.

Lihat saja tak ada nama Andrea Pirlo dan Riccardo Montolivo di lini tengah Italia untuk Euro 2016. Conte lebih percaya pemain seperti Gianni Giaccherini dan Alesandro Florenzi untuk mengawal sektor tengah, dengan Daniele De Rossi menjadi veteran yang mendampingi mereka.

Formasi yang digunakan juga terkesan menganut gaya permainan ofensif. Ini tentunya berbeda 180 derajat dari Italia yang kita kenal sebagai tim yang menyaanjung gaya catenaccio, alias pertahanan gerendel. Ya, ini adalah Italia yang baru.

TAHUN        PENCAPAIAN   
1960        Tidak ikut   
1964        Tidak lolos   
1968        JUARA   
1972        Tidak lolos   
1976        Tidak lolos   
1980        Semi-final (Peringkat keempat)   
1984        Tidak lolos   
1988        Semi-final (Peringkat tiga)   
1992        Tidak lolos   
1996        Fase grup   
2000        Runner-up   
2004        Fase grup   
2008        Perempat-final   
2012        Runner-up   
2016        ???   

             
STATISTIK        Main: 33 | Menang: 13 | Imbang: 15 | Kalah: 5
Gol: 33 | Kebobolan: 25
Satu trofi juara (1968)

Sumber: www.goal.com

Share this :

Previous
Next Post »

close
close