Tentang Blog

LightBlog

Breaking

Jumat, 10 Juni 2016

Profil Team Belgia EURO 2016

Berhasil lolos ke putaran final Euro 2016 sebenarnya sudah menjadi kemewahan tersendiri bagi Belgia. Sejak kompetisi antarnegara Eropa ini diselenggarakan pada 1960, Belgia hanya mampu menembus putaran final empat kali. Adapun melihat komposisi pemain tahun ini, Red Devils pantas berharap lebih. Ditaburi oleh bintang-bintang muda Eropa, Belgia disebut memiliki generasi emas dan mungkin menjadi salah satu favorit untuk menjuarai kompetisi yang digelar di Prancis ini.Bisa dibilang, ini merupakan generasi emas ketiga yang dimiliki oleh Die Roten Teufel. Generasi pertama adalah Belgia yang diperkuat oleh striker tajam Paul Van Himst dan berhasil menjadi juara ketiga Euro 1972. Kemudian, atribut generasi emas dipegang oleh René Vandereycken dkk yang berhasil melangkah ke final Euro 1980 dan jadi juara keempat Piala Dunia 1986.

Siapa sangka, butuh waktu cukup lama untuk menunggu kemunculan generasi emas Belgia. Pasca-Euro 1984, Belgia hanya mampu menembus putaran final Euro sekali saja. Mereka baru kembali ke persaingan negara-negara Eropa setelah tampil memukau di Piala Dunia 2014. Saat itu, Eden Hazard dkk berhasil melangkah hingga babak perempat-final. Dengan materi yang semakin matang dan tajam, pasukan Marc Wilmots pun siap bermimpi setinggi mungkin. Bisa dibilang Belgia memiliki skuat yang lengkap dari bawah mistar hingga lini depan. Nama-nama berkelas seperti Thibaut Courtois, Hazard, dan Kevin De Bruyne pun muncul sebagai sosok yang layak diperhatikan.

Hal ini tentu sudah menjadi perhatian publik sejak Belgia memuncaki grup kualifikasi Euro 2016. Mereka mengoleksi 23 poin dengan tujuh kemenangan, dua hasil imbang, dan satu kekalahan. Produktivitas tim pun tak perlu diragukan seiring Belgia mencetak 24 gol selama kualifikasi tersebut.

Kiper   
Thibaut Courtois (Chelsea), Jean-Francois Gillet (Mechelen), Simon Mignolet (Liverpool)   
 Bek   
Toby Alderweireld (Tottenham Hotspur), Christian Cabasele (Genk), Jason Denayer (Galatasaray), Laurent Ciman (Montreal), Jordan Lukaku (Oostende), Thomas Meunier (Club Brugge), Thomas Vermaelen (Barcelona), Jan Vertonghen (Tottenham Hotspur)   
Gelandang   
Moussa Dembele (Tottenham Hotspur), Marouane Fellaini (Manchester United), Radja Nainggolan (Roma), Axel Witsel (Zenit), Kevin De Bruyne (Manchester City), Eden Hazard (Chelsea), Yannick Carrasco (Atletico Madrid), Dries Mertens (Napoli)   
Penyerang   
Michy Batshuayi (Marseille), Christian Benteke (Liverpool), Romelu Lukaku (Everton), Divock Origi (Liverpool)   

Inilah 23 pemain yang dijuluki para pendukungnya sebagai generasi emas jilid tiga Belgia. Susunan pemain dari kiper sampai penyerang patut diwaspadan dan lagi, usia mereka masih muda. Generasi emas ini mungkin bakal bertahan hingga sepuluh tahun ke depan!

Dari bawah mistar, ada Thibaut Courtois yang merupakan kiper utama Chelsea. Walau tampil mengecewakan di Liga Primer, Courtois sama sekali tidak mengalami penurunan performa di kancah internasional. Toh, masih ada Simon Mignolet yang siap menggantikannya.

Tidak hadirnya kapten Vincent Kompany di lini belakang mungkin dikhawatirkan oleh banyak pihak, tapi Toby Alderweireld dan Jan Vertonghen yang membawa Tottenham Hotspur ke tempat ketiga EPL siap memnjawab tantangan. Tak lupa, veteran Thomas Vermaelen dan daun muda Jason Denayer juga bakal mendapat tempat.

Soal gelandang, sudah pasti Belgia bergelimang kualitas. Nyaris semua gelandang Belgia sedang naik daun bersama klubnya masing-masing. Ada Kevin De Bruyne yang tampil memukau bersama Man City, Eden Hazard yang bangkit bersama Chelsea, Radja Nainggolan, hingga Yannick Carrasco. Di lini depan, ada Romelu Lukaku dan Divock Origi yang siap berebut tempat utama.

Skuat Belgia di final Euro 1980.
TAHUN        PENCAPAIAN   
1960        Tidak lolos   
1964        Tidak lolos   
1968        Tidak lolos   
1972        Juara ketiga   
1976        Tidak lolos   
1980        Runner-up   
1984        Fase grup   
1988        Tidak lolos   
1992        Tidak lolos   
1996        Tidak lolos   
2000        Fase grup   
2004        Tidak lolos   
2008        Tidak lolos   
2012        Tidak lolos   
2016        ???   

             
STATISTIK        Main: 12 | Menang: 4 | Imbang: 2 | Kalah: 6
Gol: 13 | Kebobolan: 20

Sumber: www.goal.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar