Penting: Jaga Kesehatan Telinga !

11.04.00
Mungkin tak ada harmoni yang bisa mengalun sempurna tanpa indra satu ini. Berbagai irama terdengar menggoda apabila telinga bebas dari masalah. Tanpa perhatian khusus, mustahil untuk punya indra pendengaran yang bening. Nah, ada beberapa langkah penting untuk itu, berikut ini:








Hindari Kondisi Basah

Kondisi basah dan hangat akan mengundang bakteri atau jamur untuk tumbuh di telinga. Jadi, jangan sampai lupa mengeringkan telinga setiap habis mandi. Penting banget! 

Jangan Terlalu Sering Dibersihkan

Membersihkan telinga terlalu sering pun tak baik! Itu akan berbuntut pada hilangnya lapisan penting telinga, seperti minyak atau serumen yang ada di sekitarnya. Meski lengket, serumen punya fungsi mengikat debu, bahkan serangga kecil yang mencoba masuk. Nah!   

Kunyah Sebaik-baiknya

Cobalah untuk mengunyah makanan dengan baik. Karena mengunyah adalah mekanisme alami tubuh untuk mengeluarkan kotoran dari dalam telinga. Jadi lupakanlah untuk makan cepat-cepat bak dikejar-kejar polisi!

Periksa Rutin

Lakukan pemeriksan rutin telinga setidaknya setahun sekali. Selain menjaga kebersihannya, pemeriksaan ini bermanfaat untuk mengetahui kondisi kesehatan telinga kita. Jangan tunggu telinga Anda gagal mendengar suara lho…

Atur Volume Suara
Dalam sebuah penelitian, para ahli menemukan fakta yang menemukan telinga bisa rusak dan terganggu pendengarannya jika terlalu sering mendengar musik via pendengar suara dengan setelan suara kencang. Baiknya, gunakan earphone maksimal dua jam sehari. Sesudah itu, istirahatkan pendengaran selama enam jam.

Pakai Eardrops

Manfaatkanlah eardrops saat berenang atau tidur. Dengan bantuan pelindung tersebut, telinga akan terhindar dari resiko masuknya kotoran atau binatang kecil.

Sumber: popular-world.com

Share this :

Previous
Next Post »

close
close