Inilah 7 Fungsi Bluetooth yang pasti belum kamu ketahui

12.06.00
Bluetooth adalah perangkat keras (hardware) yang tertanam pada beberapa perangkat elektronik seperti laptop, smartphone, printer, kamera digital dan bahkan proyektor. Kamu pasti sudah tidak asing lagi kan dengan perangkat Bluetooth ini kan, namun apa kamu tau apa saja fungsi dari Bluetooth tersebut? Perangkat keras ini merupakan teknologi pengganti dari generasi sebelumnya, yaitu Infrared. Sampai saat ini teknologi Bluetooth sudah mencapai ke versi 4. Umumnya pada perangkat yang menggunakan Bluetooth untuk saat ini baru menggunakan versi ke 3-nya, jadi untuk versi 4 masih jarang ditemui pada perangkat yang beredar di pasaran. Teknologi Bluetooth ini pertama kali diciptakan oleh Ericsson pada tahun 1994. Bluetooth ini mampu menciptakan Personal Area Network (PAN) yang mencakup area sekitar dengan jarak yang pendek.


Karena fungsi Bluetooth pada umumnya (Transfer File) sudah kamu ketahui, maka Saya tidak mencantumkan lagi fungsi tersebut. Berikut ini adalah fungsi Bluetooth yang belum kamu ketahui:

Fungsi Bluetooth yang Pasti Belum Kamu Ketahui


masukkan deskripsi gambar disini

1. Untuk Print File


masukkan deskripsi gambar disini
Mencetak atau print adalah rutinitas yang hampir setiap orang lakukan untuk menyelesaikan tugasnya. Mencetak dengan menyambungkan kabel ke laptop kamu akan sangat repot terlebih jika kabel printer tersebut pendek. Bagi kamu yang tidak ingin lagi repot-repot mencetak dengan mencolokan kabel, kamu bisa beralih menggunakan printer yang sudah support dengan Bluetooth. Kamu bisa googling sendiri mengenai printer apa saja yang sudah support dengan Bluetooth.

2. Untuk Bertukar File dengan Kamera Digital dan Handycam


masukkan deskripsi gambar disini
Sekarang kamu tidak perlu khawatir lagi jika kamera digital ataupun handycam kamu kepenuhan memori karena sekarang sudah tersedia banyak kamera digital ataupun handycam yang sudah support dengan Bluetooth.

3. Untuk Mendengarkan Musik Tanpa Kabel


masukkan deskripsi gambar disini
Dengan bantuan teknologi Bluetooth, sekarang kamu sudah bisa mendengarkan musik kesayanganmu tanpa perlu repot-repot lagi colok mencolok kabel. Untuk kategori ini, ada dua perangkat audio yang sudah mendukung teknologi Bluetooth saat ini yaitu Headset dan Speaker. Jika kamu ingin menyetel musik dengan suara keras dan kencang tanpa perlu repot lagi masalah kabel, kamu bisa beralih menggunakan speaker yang support dengan teknologi Bluetooth karna sudah banyak produk speaker Bluetooth yang beredar di pasaran. Sebaliknya jika kamu ingin menyetel musik dengan suara yang tenang tanpa menggangu orang lain, kamu bisa beralih menggunakan headset Bluetooth.

4. Untuk Mengoneksikan dengan Mouse dan Keyboard


masukkan deskripsi gambar disini
Apa mouse kamu memiliki kabel yang sangat panjang dan sangat menggangu? Sekarang kamu bisa menggunakan mouse tanpa repot mencolokan kabel lagi. Sudah banyak produk mouse dan keyboard yang beredar di pasaran dengan harga yang bervariasi, sekarang kamu bisa beralih menggunakan mouse ataupun keyboard tanpa perlu repot mencolokkan kabel lagi. Untuk keyboard, selain kamu bisa mengkoneksikannya dengan laptop kamu juga bisa mengkoneksikannya dengan smartphone kamu lhooo...

5. Untuk Bermain Game dengan Gamepad


masukkan deskripsi gambar disini
Gamepad merupakan peralatan yang digunakan sebagai interface antara pengguna permainan komputer agar lebih mempermudah dalam permainan game. Gamepad yang ideal harusnya tidak menggunakan kabel karena mengurangi gerak dan fleksibilitas pemakainnya. Salah satu solusi untuk meningkatkan fleksibilitas pengguna gamepad adalah dengan menggunakan Bluetooth sebagai media penyambung ke komputer tanpa menggunakan kabel. Sekarang kamu sudah bisa bermain game tanpa harus berdekatan lagi dengan monitor.

6. Untuk Mengoneksikan dengan Proyektor


masukkan deskripsi gambar disini
Bagi kamu yang hobinya presentasi, kamu bisa menggunakan proyektor dengan jarak yang lebih jauh dengan proyektor yang sudah mendukung teknologi Bluetooth dibanding dengan proyektor dengan koneksi kabel. Bukan menjadi masalah lagi jika kamu ingin berpresentasi dengan membawa perangkat yang terkoneksi dengan proyektor.

BONUS
Untuk FUNGSI yang satu ini saya rasa cukup SPESIAL karna sebenarnya fungsi yang satu ini dapat digunakan oleh semua penggguna smartphone. Fungsi ini adalah:

7. Berbagi Koneksi Internet atau Tethering dengan Bluetooth

Tethering adalah membagi koneksi internet kepada perangkat lain, di mana perangkat yang melakukan Tethering harus memiliki akses dan terkoneksi ke internet. Secara sigkat fungsi ini dapat membagi koneksi internet kepada pengguna smartphone lain dengan syarat pengguna lain harus terhubung dengan smatphone yang berperan sebagai pusatnya. Untuk menggunakannya dan mencobanya kamu harus siapkan satu smartphone yang sudah ada koneksi internetnya dan membuka pengaturan “Tethering and Portable Hotspot” serta mencentang Bluetooth Tethering seperti pada gambar di bawah ini. Selanjutnya kamu siapkan smartphone satu lagi yang belum memiliki koneksi internet dan kamu lakukan cara yang sama dengan smartphone pertama tadi.


masukkan deskripsi gambar disini
Itulah beberapa fungsi Bluetooth yang belum kamu ketahui. Jika ada pertanyaan silakan ajukan pada kolom komentar di bawah ini. Semoga Bermanfaat

Share this :

Previous
Next Post »

close
close