Tentang Blog

LightBlog

Breaking

Senin, 03 Agustus 2015

Kebiasaan Menggosok Gigi Setelah Sarapan Ternyata Salah

Sebagian besar dari Anda pasti setuju bahwa menggosok gigi setelah sarapan merupakan hal yang benar. Sebab tindakan tersebut akan membersihkan gigi Anda dari sisa-sisa makanan saat sarapan. Sehingga gigi Anda akan terbebas dari bakteri penyebab sakit gigi, gigi berlubang, dan gangguan kesehatan mulut lainnya. Namun sebuah penelitian yang dilansir dari dailymail.co.uk mengatakan bahwa kebiasaan tersebut adalah salah. Malahan Anda dianjurkan untuk menggosok gigi sebelum sarapan. Bagaimana bisa?

"Kebiasaan sehat yang paling ideal di pagi hari adalah begitu Anda bangun pagi, minumlah air hangat, menggosok gigi, dan kemudian konsumsilah menu sarapan yang sehat. Hal ini mungkin terdengar janggal. Namun tanpa Anda sadari kebanyakan menu sarapan yang Anda konsumsi adalah jus buah atau jus jeruk yang mampu melemahkan enamel gigi. Tindakan menggosok gigi setelahnya justru akan semakin melemahkan enamel gigi Anda," papar Dr Okoye dari London Smiling Dental Group. "Sehingga saya menyarankan Anda untuk menggosok gigi sebelum sarapan."

"Namun ketika Anda lupa menggosok gigi sebelum sarapan, sebaiknya beri jeda waktu 1 jam setelah sarapan dan kemudian gosoklah gigi Anda. Sebab jeda waktu ini bermanfaat bagi air liur untuk menetralisir zat asam di dalam mulut Anda."

Selain saran tersebut, Dr Okoye juga memaparkan pentingnya untuk menggosok gigi sebelum tidur. Selain mampu membersihkan gigi Anda dari sisa makanan yang Anda konsumsi seharian, kebiasaan ini akan memicu produksi air liur bersih yang berfungsi untuk menetralisir asam di dalam mulut. Air liur juga mengandung banyak sel yang akan membentuk pelindung gigi Anda.

Sumber: merdeka.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar