Tentang Blog

LightBlog

Breaking

Kamis, 23 Juli 2015

10 Faktor Penyebab Kanker Payudara

Selain sejarah keluarga, faktor luar juga bisa memicu penyakit kanker payudara. Apa saja faktor luar tersebut? Simak daftar selengkapnya seperti yang dilansir dari She Knows (03/04) berikut ini.






Pestisida
Sebuah penelitian yang dilakukan para ahli dari University of Liverpool menyebutkan bahwa pestisida bisa meningkatkan risiko kanker payudara. Jadi berhati-hatilah dalam mengonsumsi sayur dan buah yang menggunakan bahan ini sebagai pengusir hama.

Perokok pasif
Selain perokok aktif, para ahli dari California Environmental Protection Agency menyebutkan bahwa perokok pasif memiliki hubungan erat dengan risiko meningkatnya kanker payudara.

Pil hormon
Banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa pil hormon bagi wanita menopause juga bisa memicu kanker payudara.

Paraben
Paraben merupakan senyawa kimia yang bisa ditemukan di dalam bahan kosmetik, seperti, sampo, lotion, dan berbagai produk kecantikan lainnya. Paraben bersifat seperti hormon estrogen yang meningkatkan risiko kanker payudara.

Hormon rBST buatan
Hormon rBST (recombinant bovine somatotropin) merupakan hormon buatan yang digunakan untuk meningkatkan hasil produksi susu pada sapi. Sehingga susu dari hasil sapi yang disuntik hormon ini sebaiknya dihindari untuk mengurangi risiko kanker payudara.

Tetrakloroetilena
Tetrakloroetilena (atau tetrachloroethylene) adalah senyawa kimia yang ditemukan pada pelapis karet, tinta, lem, pelumas, silikon, dan produk industri lainnya. Selain penyebab kanker payudara, tetrakloroetilena juga memicu jenis kanker yang lain.

Diethylstilbestrol (DES)
Diethylstilbestrol adalah sebuah hormon estrogen buatan yang diberikan kepada wanita hamil untuk mengurangi risiko keguguran. Namun ternyata hormon ini malah menyebabkan kasus kanker payudara pada wanita semakin meningkat.

Polycyclic aromatic hydrocarbons (PAHs)
Senyawa PAHs biasa ditemukan pada batubara, kayu, bensin, minyak, tembakau, atau bahan organik terbakar lainnya. PAHs bahkan bisa dihasilkan dari ikan atau daging yang dipanggang.

Polychlorinated biphenyls (PCBs)
PCBs merupakan bahan kimia buatan manusia yang digunakan dalam peralatan listrik cairan hidrolik, dan pelumas yang mengalami kebocoran dalam pembuangannya. Namun banyak kasus PCBs justru ditemukan dalam bahan makanan seperti ikan, daging, dan produk susu yang terkontaminasi bahan kimia ini.

Bisphenol A (BPA)
Senyawa BPA ditemukan pada peralatan rumah tangga berbahan plastik, seperti botol air minum, botol minum bayi, kotak makan, dan lainnya. Pastikan produk plastik Anda bebas dari BPA untuk menghindari risiko terserang kanker.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar