Tentang Blog

LightBlog

Breaking

Kamis, 25 Juni 2015

Cara Ampuh Menemukan Artikel Atau Website yang Sudah Dihapus Pemiliknya

Suka sebel gak sih kalo kamu lagi pengen nyari informasi yang sangat penting di sebuah website tertentu, namun ternyata website atau artikel tersebut menghilang tak berjejak? Padahal lagi bener-bener penting nih. Kami punya tipsnya lho biar kamu bisa menemukan info yang ingin kamu cari meskipun artikel tersebut sudah hilang dari website aslinya.



Gunakan Google Cache

Google sebagai mesin pencari favorit kita semua sebenarnya punya fitur yang bagus lho untuk menampilkan halaman situs yang sebenarnya sudah ada. Mereka memiliki fitur cache yang menyimpan sebuah halaman website beberapa saat sebelum website tersebut diupdate atau dihapus. Kamu hanya perlu membuka Google.com dan mencari hal yang kamu mau.


Di sebelah alamat yang kamu kehendaki, akan ada panah berwarna hijau mengarah kebawah. Tekan panah tersebut dan pilih Cache. Kini kamu sudah bisa menemukan artikel yang kamu mau deh.


(Perlu diketahui bahwa fitur cache ini hanya menyimpan halaman website yang sudah terindeks dan memiliki selang waktu penyimpanan yang pendek)

Gunakan Wayback Machine

Nah kalo ternyata dengan menggunakan Google Cache, artikel yang kamu mau tetap tidak dapat ditemukan, gunakan saja Wayback Machine. Wayback Machine atau Archive.org merupakan website yang secara konstan menyimpan halaman sebuah website dari tahun ke tahun dan menyusunnya menjadi satu katalog. Keuntungan dari menggunakan website ini adalah kamu bisa menemukan history dari sebuah website bahkan hingga beberapa tahun yang lalu. Kamu saja bisa melihat tampilan dari Jalantikus.com pada tahun 2012 lho.


Cara penggunannya juga gampang banget. Buka saja Archive.org dan masukkan alamat website yang kamu mau. Nanti akan tersedia tampilan kalendar yang bisa kamu pilih, mau tanggal dan tahun berapa yang ingin ditampilkan. Voila! Akhirnya kamu bisa melihat tampilan website tersebut pada masa lalu deh. Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar