Tentang Blog

LightBlog

Breaking

Senin, 16 Februari 2015

Manfaat Madu untuk Ayam Bangkok Aduan

Madu adalah cairan alami yang umumnya memiliki rasa manis, dihasilkan oleh lebah madu, dari sari bunga tanaman, atau bagian lain dari tanaman atau ekskresi serangga yang berkhasiat dan bergizi tinggi.madu tersusun atas beberapa senyawa gula seperti glukosa dan fruktosa serta sejumlah mineral seperti magnesium, kalium, kalsium, natrium, klor,belerang, besi dan fosfat. madu juga mengandung vitamin B1, B2, C, B6 dan B3 yang komposisinya berubah-ubah sesuai dengan kualitas nektar dan serbuk sari. Disamping itu, dalam madu terdapat pula sejumlah kecil tembaga, yodium, dan seng serta beberapa jenis hormon. kualitas madu ditentukan oleh beberapa hal diantaranya waktu pemanenan madu, kadar air, warna madu, rasa dan aroma madu. waktu pemanenan madu harus dilakukan pada saat yang tepat, yaitu ketika madu telah matang dan sel-sel madu mulai ditutup oleh lebah. selain itu kadar air yang terkandung dalam madu juga sangat berpengaruh terhadap kualitas madu. madu yang baik adalah yang mengandung kadar air sekitar 17-21 persen.
Manfaat madu untuk ayam antara lain : 
 
Dalam kesehatan ayam petarung, madu berkhasiat untuk menghasilkan energi, meningkatkan daya tahan tubuh dan meningkatkan stamina. penambah stamina ini kemungkinan disebabkan oleh nutrisinya yang lengkap dan merupakan penghasil energi yang unik bagi manusia maupun ayam petarung . 
Madu sebagai sumber energi dan nutrisi dibuktikan dengan jumlah energi yang dikandungnya, yaitu 3280 kilokalori/kg madu yang setara dengan 50 butir telur ayam, 5,7 liter susu, 25 buah pisang, 40 buah jeruk, 4 kg kentang dan 1,68 kg daging (Suranto, 2007).
Keunggulan lainnya yaitu madu mudah dicerna, hal ini dikarenakan karbohidrat yang terkandung dalam madu sudah dicerna terlebih dahulu dalam pencernaan lebah ketika masih berupa nektar. selain itu, jika dicampur dengan air hangat, madu dapat berdifusi ke dalam darah dalam waktu tujuh menit. molekul gula bebasnya membuat otak berfungsi lebih baik, karena otak merupakan pengonsumsi gula terbesar.

1 komentar:

  1. Akhir-akhir ini ade saya mau beli ayam bangkok :s tpi ga pnya duit beliin

    Salam makintahu1

    BalasHapus