Tentang Blog

LightBlog

Breaking

Selasa, 20 Januari 2015

Jangan Tertipu, Siput Laut Lucu ini Sudah Bunuh 30 Orang !

Banyak sekali hewan berbisa di dunia ini, mulai dari ular, laba-laba, atau katak. Namun, percayakah Anda bila siput laut lucu ini termasuk daftar hewan paling mematikan di dunia? Siput berbahaya ini mempunyai nama latin Conus geographus, dan diketahui sebagai siput yang hidup di daerah laut tropis. Cangkang luar siput ini berbentuk kerucut dan dipenuhi oleh pola warna menarik, sehingga tidak salah bila banyak orang yang tergoda untuk menangkapnya.


Seperti yang dilansir oleh Daily Mail (19/01), ada 30 orang yang meninggal akibat racun mematikan dari siput tersebut. Pertanyaannya, bagaimana hewan lucu ini dapat membunuh manusia?

Ilmuwan dari Universitas Utah baru-baru ini telah menemukan faktor pembunuh dari siput Conus geographus, yakni racun insulin. Mungkin Anda sering mendengar kata insulin? Ya, insulin adalah hormon yang berfungsi mengatur kadar gula dalam tubuh manusia dan hewan lain. Akan tetapi, pada siput C. geographus, insulin yang dihasilkan telah berubah menjadi sebuah racun mematikan yang dapat menurunkan kadar darah hewan dan manusia secara drastis atau fenomena 'hipoglikemia'. Hipoglikemia dapat menyebabkan kejang, gangguan organ vital, dan kematian.

"Ini adalah tipe insulin yang unik. Kami menemukannya dalam racun dalam dosis tinggi," ujar Professor Baldomero Olivera dari Universitas Utah, Amerika. Yang membuat hewan ini semakin menakutkan, C. geographus dapat menyemprotkan racun insulin dalam dosis besar pada dalam air yang dapat meracuni perenang. Bahkan pada beberapa kasus, siput ini dapat menembakkan jarum beracun untuk langsung melumpuhkan target. Jarum itu tercatat mampu menembus baju renang penyelam yang tengah basah.

Menariknya, ilmuwan juga yakin bila siput mematikan ini memegang kunci pengembangan pengobatan insulin bagi penderita diabetes alias kencing manis. Seperti yang kita tahu, banyak penderita diabetes yang membutuhkan suntikan insulin untuk mengatur tingkat gula darah dalam tubuhnya.

Lalu, apakah siput C. geographus sejatinya sumber kematian atau kehidupan?

Sumber: merdeka.com

2 komentar:

  1. Wow keren tuh siput bisa bunuh orang :O

    Jika berkenan, silahkan berkunjung ke blog sederhana ini http://puloblog.blogspot.com

    BalasHapus