Merokok Atau Obesitas, Mana yang Lebih Mematikan ?

09.28.00
Obesitas adalah salah satu jenis penyakit yang bisa membahayakan kesehatan dan memicu penyakit lainnya. Obesitas dipicu oleh kebiasaan dan gaya hidup yang tak sehat. Di sisi lain, kebiasaan merokok seringkali dianggap sama berbahayanya dengan obesitas. Namun apakah benar bahwa keduanya memiliki efek yang sama pada kesehatan? Dr Steven grover dan koleganya dari McGill University mengamati 4.000 pria dan wanita untuk mengetahuinya. Mereka mengukur BMI partisipan dan mengukur harapan hidup mereka. Hasilnya, diketahui bahwa orang yang kelebihan berat badan memiliki harapan hidup tiga tahun lebih pendek daripada yang memiliki berat badan ideal. Sementara itu, mengalami obesitas ternyata bisa mengurangi harapan hidup mereka hingga enam tahun.


Lantas bagaimana dengan kebiasaan merokok? Apakah merokok sama berbahayanya dengan obesitas, atau obesitas justru lebih mematikan daripada merokok? Sebuah penelitian yang diungkap oleh Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menemukan bahwa kebiasaan merokok bisa mengurangi usia seseorang hingga 10 tahun. Seperti halnya orang yang mengalami obesitas, menjadi perokok kronis juga bisa memicu penyakit lainnya seperti arthritis, kanker, kerusakan sistem kekebalan tubuh, penyakit paru-paru, penyakit gusi, kardiovaskular, dan peradangan, seperti dilansir oleh Care2 (09/12).

Bisa ditarik kesimpulan bahwa di antara keduanya, merokok masih lebih berbahaya jika dibandingkan dengan obesitas. Namun tentu saja bukan berarti Anda harus tetap merasa aman karena merasa obesitas dan tidak merokok, karena keduanya sama-sama berbahaya. Anda juga tak perlu khawatir, jika Anda adalah perokok aktif dan mengalami obesitas, masih ada cara untuk menghindari efek berbahaya dari keduanya. Penelitian mengungkap bahwa perokok yang berhenti merokok sebelum berusia 34 tahun bisa mendapatkan kembali 10 tahun kehidupannya yang berisiko hilang karena kebiasaan merokok. Sementara untuk orang yang obesitas, salah satu caranya adalah berusaha menurunkan berat badan, menjalani gaya hidup dan pola makan yang sehat.

Sumber: merdeka.com

Share this :

Previous
Next Post »

2 komentar

close
close