Tentang Blog

LightBlog

Breaking

Sabtu, 08 November 2014

Inikah Alasan Microsoft Bagi-Bagi 'Office' Secara Gratis ?

Langkah Microsoft untuk menggratiskan Microsoft Office untuk gadget iOS dan Android menjadi pertanyaan banyak pihak. Sebab, otomatis keuntungan mereka dari aplikasi Office mobile akan hilang. Beragam spekulasi terkait alasan dibalik bagi-bagi aplikasi Office gratis ini pun bermunculan. Hingga muncul sebuah alasan yang paling mungkin melatarbelakangi keputusan aneh Microsoft tersebut, yakni masalah segmentasi pasar dari Microsoft Office sendiri.


Aplikasi Microsoft Office memang lebih banyak menyasar pengguna komputer dekstop atau laptop kantoran hingga rumahan untuk tujuan pekerjaan. Sehingga jumlah pengguna Microsoft Office untuk aplikasi kerja sampingan di tablet dan smartphone dari awal diprediksi tidak akan meroket dalam waktu singkat. Lebih lanjut, Microsoft nampaknya yakin bila keuntungan mereka tidak akan menurun drastis jika membagikan Office dengan cuma-cuma karena sampai saat ini konsumen utama Microsoft Office mayoritas dari kalangan bisnis dengan kontribusi keuntungan hingga 87 persen. Menurut Mashable (07/11), kecil kemungkinan 13 persen sumber pemasukan sisa Microsoft dari Office akan menurun setelah versi mobile gratis tersebut keluar.

Menariknya, langkah Microsoft ini bisa menghadirkan mimpi buruk bagi aplikasi sejenis yang lebih dulu jamak dipakai di perangkat iOS dan Android seperti QuickOffice dan Google Docs. Bukan tidak mungkin bila aplikasi-aplikasi tersebut akan mulai ditinggalkan dengan semakin populernya Office mobile.
Saat hal itu terjadi, akan jauh lebih mudah bagi Microsoft untuk mengais keuntungan dari Office. Mungkin saja ini adalah bentuk 'investasi' diam-diam dari Microsoft.

Sumber: merdeka.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar