Tentang Blog

LightBlog

Breaking

Selasa, 28 Oktober 2014

Untukmu Indonesia Aku Bangga Jadi Putra-Putri Indonesia

Selama dua hari berturut-turut, 27-28 Oktober 1928 di Jakarta, para pemuda mengikrarkan semangat mereka untuk memperjuangkan berdirinya Indonesia. Sebuah ikrar yang kini kita kenal dengan sebutan Sumpah Pemuda. Untuk mengingat kembali isi ikrar tersebut, berikut adalah bunyi Sumpah Pemuda yang tercantum di dinding Museum Sumpah Pemuda - yang masih menggunakan ejaan van Ophuysen.

Pertama:
Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.

Kedoea:
Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.

Ketiga:
Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.
Di tengah gegap-gempita peringatan hari Sumpah Pemuda, sudahkan kita merenungkan apa saja yang telah kita lakukan untuk bangsa ini? Sudahkah kita memberikan yang terbaik untuk Indonesia? Ataukah kita hanya bisa mengeluh tentang segala hal yang terjadi di negeri ini, tanpa berusaha memberi solusi?

Jika kita melakukan kilas-balik ke tahun 1908, semangat mahasiswa STOVIA dan Dr. Sutomo untuk mendirikan Budi Utomo menjadi pembuktian bahwa mereka tak ingin duduk manis, menyaksikan negeri ini dirampas kemerdekaannya.

Ketika akhirnya kini Indonesia telah mencecap kemerdekaan, sudah sepatutnya kita sebagai generasi muda meneruskan perjuangan mereka dengan mengharumkan nama bangsa. Kita sekarang tak lagi ditantang untuk mengangkat senjata, melainkan membuktikan apakah benar negeri ini sudah merdeka seutuhnya?
Merdeka dari kecintaan terhadap bahasa negara lain. Merdeka dari kecintaan terhadap negara lain, dan apakah pemuda saat ini sudah mengerti tentang makna kemerdekaan yang tak didapat dengan cuma-cuma ini?

Coba tanyakan kembali kepada diri Anda, "Banggakah kita menjadi warga Indonesia?", "Banggakah kita berbahasa Indonesia?", "Banggakah kita terhadap tanah air ini?".

Lewat hastag #UntukmuIndonesia dan #AkuBangga, beri tahu dunia bahwa Anda dan generasi muda lainnya akan membawa Indonesia mendunia. Yuk dukung gerakan ini dengan men-share "#UntukmuIndonesia #AkuBangga jadi putra-putri Indonesia!" di akun media sosial Anda.

Sumber: merdeka.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar