Tentang Blog

LightBlog

Breaking

Sabtu, 11 Oktober 2014

Setelah India, Senin Depan Pendiri Facebook Sambangi Indonesia ?

Kamis kemarin (09/10), pendiri sekaligus CEO dari Facebook, Mark Zuckerberg dilaporkan telah mengunjungi India untuk membahas tentang proyek Internet.org yang bertujuan untuk memberikan akses internet ke daerah-daerah terpencil di India. Kabar baiknya, Mark Zuckerberg diprediksi menjadikan Indonesia sebagai negara tujuan berikutnya. Tidak berlebihan memang jika Mark Zuckerberg memberikan perhatian lebih terhadap 'konsumennya' di tanah air. Alasannya jelas, karena Indonesia adalah salah satu pasar paling potensial bagi Facebook.


Menurut Anand Tilak selaku kepala Facebook Indonesia di bulan Juni, jumlah pengguna Facebook di tanah air sudah mencapai angka 69 juta lebih, Wall Street Journal (27/06/2014). Angka tersebut meningkat sekitar 6 persen dari akhir tahun lalu yang tercatat sebanyak 65 juta akun. Seperti yang dilansir oleh Business Today (10/10), Zuckerberg mengungkapkan pihaknya tengah berkomunikasi dengan pihak operator selular Indonesia untuk menawarkan proyek internet gratis untuk layanan-layanan internet standar. Apabila kerjasama tersebut berhasil, netizen Indonesia dapat menikmati layanan internet dasar seperti Facebook, Google Search, dan Wikipedia tanpa dikenai biaya sama sekali.

Kunjungan bos besar Facebook ke Indonesia yang pertama ini juga mulai terendus media. Sebuah sumber terpercaya kemarin (10/10) mengungkapkan bila Mark Zuckerberg sedianya akan datang ke Jakarta pada hari senin nanti, atau tanggal 13 Oktober. Facebook juga diketahui telah mengirimkan undangan ke beberapa instansi untuk menghadiri acara kampanye Internet.org tertanggal 13 Oktober 2014 di Jakarta. "Ya, benar, Mark Zuckerberg sendiri yang akan datang ke Jakarta," ungkap sumber tersebut. Bahkan, bukan tidak mungkin bila Mark Zuckerberg akan bertemu dengan wakil pemerintah Indonesia untuk membicarakan proyek Internet.org. Mengingat, CEO Facebook tersebut sempat mendiskusikan Internet.org dengan Perdana Menteri India, Narendra Modi.

Dalam proyek Internet.org, ternyata bukan hanya Facebook saja yang berkecimpung di dalamnya. Perusahaan teknologi besar lain seperti Samsung, Qualcomm, Ericsson, Opera Software, Media Tek, dan Nokia tercatat bekerja sama untuk memberikan layanan internet gratis nan cepat pada sekitar 5 miliar orang di seluruh dunia. Hal tersebut sebelumnya menjadi cita-cita dari Mark Zuckerberg sendiri.

Sumber: merdeka.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar