Tentang Blog

LightBlog

Breaking

Kamis, 25 September 2014

PR Matematika 4x6 Jadi Lucu-Lucuan Di Media Sosial

Tak cuma orang awam, menteri pun ikut heboh soal PR Matematika yang siswa kelas 2 SD yang diupload di Facebook. Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring pun 'tergoda' untuk membuat pantun. Pak Tif, sapaannya membuat pantun di akun Twitter resminya. "6 x 4 Sama dengan enambelas. Sempat, tidak sempat haraplah dibalas. *baladaperkalian," tulis Tifatul di akun Twitternya.

Entah Tifatul lupa atau alasan lainnya, jumlah yang benar dari 6 x 4 = 24 bukan 16 seperti yang dituliskan menteri dari PKS tersebut. "24 pak," tulis akun @ArryAnggadha mengoreksi jawaban kicauan Tifatul sebelumnya.

Tifatul langsung merespons, "Oh iya 24," tulis Tif.

Ternyata kicauan Tif itu juga membuat ramai jejaring sosial. Tifatul langsung menghapus kicauan tersebut.

"Mohon maaf atas keisengan admin yang mentwit 6x4 semalam. Semoga tidak terulang kembali," kata Tif di akun Twitternya, Rabu (24/9).

Sontak, postingan menteri dari PKS tersebut menjadi bahan bully di Twitter. Banyak yang menyindir dengan me-mention Tifatul. @Andy Ong

"Kepada seluruh rakyat Indonesia diharap menghentikan polemik matematika 6x4 atau 4x6, karena semua opsi yang diperdebatkan kemaren salah, Menkominfo sudah memutuskan bahwa yang benar itu 6x4=16," demikian tulis @AndyOng di Twitter.

Pemilik akun @nickoisniken pun tak mau kalah. "Drpd berdebat 6x4 atau 4x6,mending manut apa kata pak mentri aja, 6x4 = 16. Bangga donk punya mentri jago nglawak," sindirnya.

Sementara ada juga pemilik akun Twitter yang komentar sok melow terkait soal 4x6 ini.

"Mikirin kamu aja bikin pusing, apalagi mikirin mana yang benar 4x6 atau 6x4," tulis pemilik akun @dorizooooooooo

"4x6 atau 6x4 ? Kalau saya sih 4x6 itu foto ijazah dan 6x4 itu foto sampul facebook..hehe," canda pemilik akun Twitter yang lain.

Kaus ini bermula saat mahasiswa Universitas Diponegoro Semarang, Muhammad Erfas Maulana diminta adiknya membantu menyelesaikan soal 4+4+4+4+4+4 = x =. Bagi mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Universitas Diponegoro tentu itu mudah. 10 Soal adiknya selesai dikerjakan.

Untuk soal di atas, Erfas mengajari adik yang duduk di kelas II dengan jawaban 4+4+4+4+4+4 = 4 x 6 = 24. Ternyata jawaban itu salah, versi guru yang benar adalah 4+4+4+4+4+4 = 6 x 4 = 24. Hasil sama namun proses beda.

Erfas tidak terima karena baginya yang terpenting jumlahnya. Dia pun terpancing emosinya karena sang adik yang bernama Habibi cuma dapat nilai 20. Artinya hanya benar dua, sedangkan 8 soal lainnya salah.

Setelah soal diunggah 18 September lalu, komentar pro dan kontra pun berdatangan. Sempat terjadi perdebatan antara Erfas dengan rekannya. Karena sang rekan menganggap guru sang adik sudah benar.

Akhirnya Erfas pun meminta maaf kepada guru adiknya, dan menghapus postingan soal matematika kontroversial itu.

Sumber: merdeka.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar