Ini Cara yang Benar Untuk Membersihkan Botol Minuman

10.53.00
Sering membawa botol minuman saat beraktivitas? Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah bagaimana cara membersihkannya dengan benar. Selama ini banyak orang yang meremehkan cara membersihkan botol minuman mereka karena botol tersebut hanya diisi air mineral saja.

Padahal jika terlalu sering dipakai, botol minuman tak akan memiliki kesempatan untuk dibersihkan dengan benar. Botol yang selalu basah pun pada akhirnya akan menarik bakteri untuk tinggal dan berkembang biak di dalamnya. Karena itu, akan sangat baik untuk selalu membersihkan botol minuman setiap hari atau dua hari sekali dengan cara yang benar.

Berikut adalah cara yang benar untuk membersihkan botol minuman, seperti dilansir oleh Fit Sugar.

1. Gunakan air hangat dan sabun
Keluarkan cairan dari dalam botol, kemudian masukkan air hangat yang sudah dicampur dengan beberapa tetes sabun. Tutup botol, lalu kocok selama beberapa menit. Gunakan juga sikat botol untuk membersihkan bagian dalam, terutama jika botol memiliki leher yang sempit. Selanjutnya, bilas sampai bersih lalu diamkan semalam hingga benar-benar kering.

2. Gunakan cuka
Cuka adalah pembersih alami yang baik untuk membunuh beberapa jenis kuman dan bakteri. Namun cuka tak cukup baik untuk membunuh virus seperti dulu. Caranya adalah dengan membersihkan botol terlebih dahulu dengan air hangat dan sabun seperti pada nomor satu. Setelahnya, masukkan cairan cuka putih dalam botol, campurkan dengan air dingin. Diamkan selama satu malam, lalu bersihkan keesokan harinya.

3. Gunakan cairan bleaching yang tak terlalu keras
Cairan bleaching juga bisa digunakan untuk membersihkan botol, namun sebaiknya gunakan cairan yang lemah dan tidak terlalu keras. Cairan bleaching bahkan bisa digunakan untuk membersihkan mainan bayi dari kuman dan bakteri. Caranya, gunakan satu sendok makan bleaching kemudian campurkan dengan air. Masukkan cairan tersebut dalam botol, lalu diamkan selama dua menit. Bersihkan dan biarkan hingga kering.

Itulah beberapa cara yang benar untuk membersihkan botol dari kuman dan bakteri. Jangan hanya membersihkan botol dengan air biasa hanya karena botol tak terlihat kotor. Jika tak yakin menggunakan cairan bleaching, Anda bisa memilih cara yang lebih alami yaitu menggunakan cuka seperti cara di atas.

Share this :

Previous
Next Post »

close
close