Tentang Blog

LightBlog

Breaking

Rabu, 24 September 2014

Benarkah Debu Dapat Rusak Komputer ?

Walaupun mungkin hal ini sudah banyak diketahui para pengguna perangkat komputer atau PC, namun tidak menutup kemungkinan banyak pula orang yang belum mengetahuinya. Pertanyaannya adalah apakah debu yang menempel di motherboard atau berada di sekeliling bagian dalam sebuah PC dapat membuat perangkat itu rusak atau setidaknya membuat kinerjanya melambat?

Tentunya, tidak sedikit orang walaupun tidak memiliki banyak pengetahuan tentang komputer akan melakukan pembersihan bagian dalam komputernya secara manual. Bahkan terkadang cara mereka melakukannya terlalu ekstrem.

Menurut beberapa kutipan dan penjelasan di internet (dari beragam sumber), sebenarnya secara langsung, debu tidak membuat sebuah PC akan rusak atau kinerjanya melambat. Anda tidak perlu melakukan bersih-bersih debu apabila tempat di mana komputer tersebut biasa berada dalam suhu yang relatif dingin.

Debu yang berada di komputer hanya akan sedikit membuat kipas dan angin-angin yang terdapat di dalam PC tidak dapat berfungsi maksimal. Dan juga ada pembenaran bahwa dari berbagai macam jenis debu, ada debu-debu khusus yang dapat mengakibatkan korosi terhadap benda-benda yang terbuat dari logam.

Apabila memang Anda ingin membersihkannya, disarankan untuk menggunakan alkohol khusus serta kain yang lembut serta kuas dengan ujung yang lunak sebagai alat pembersihnya.

Tidak disarankan untuk untuk menggunakan vacum cleaner dalam membersihkan bagian dalam sebuah PC karena alat tersebut memiliki elektrik statis yang cukup tinggi yang dapat merusak sistem. Memang ada vacum cleaner khusus untuk PC, namun tentunya dijual dengan harga yang cukup mahal.

2 komentar:

  1. emang iya sih kita harus rajin membersihkan motherboard, bisa over heat kalo kipasnya mampet sama debu

    BalasHapus
  2. Ini pling mls ane, kalo suruh bersih bersih PC

    BalasHapus