Dosa Yang Mendatangkan Maut dan Yang Tidak Mendatangkan Maut

18.47.00
Semua manusia memang berdosa, karena tidak ada manusia yg tidak berdosa.

Tetapi jika ia mau sungguh-sungguh bertobat, mengakui dan meninggalkan dosa-dosanya, mau menyalibkan daging, hawa nafsu dan sgl keinginannya, serta melepaskan sgl sesuatunya utk mengikuti Tuhan Yesus dan tunduk pd sgl kehendakNya dan perintahNya, serta mau hidup di jalan yg akan ditunjukkanNya dgn segenap hati dan jiwanya, maka semua dosa-dosanya akan diampuni oleh karena namaNya; dan Tuhan Yesus Kristus akan datang dan tinggal di dlm orang itu dan Ia akan memimpin orang itu ke dlm seluruh
kebenaran dan kebenaran itu akan memerdekakan orang itu dari hukum dosa dan hukum maut, dari segala kuk perhambaan, dan dari sgl perbuatan yg sia-sia, sehingga ia dpt beribadah kpd Allah yg hidup dgn berhiaskan kekudusan serta dpt menyembahNya di dlm Roh dan kebenaran. Jika kamu sdh mengalami semua itu, maka kamu harus ingat satu hal, yaitu berjaga-jagalah spy jangan sampai kamu dgn sengaja berbuat dosa. “Sebab jika kita sengaja berbuat dosa, sesudah memperoleh pengetahuan tentang kebenaran, maka tidak ada lagi korban utk menghapus dosa itu, tetapi yg ada ialah kematian yg mengerikan akan penghakiman dan api yg dahsyat yg menghanguskan semua orang durhaka [Ibr 10:26-27]“.

“Sebab mereka yg pernah diterangi hatinya, yg pernah mengecap karunia sorgawi, dan yg pernah mendapat bagian dlm Roh Kudus, dan mengecap firman yg baik dari Allah dan karunia-karunia dunia yg akan datang, namun murtad lagi, tdk mungkin dibaharui lagi sedemikian, hingga mereka bertobat, sebab mereka menyalibkan lagi Anak Allah bagi diri mereka dan menghinaNya di muka umum”. Inilah yg dimaksudkan dgn dosa yg mendatangkan maut, yaitu dosa menghujat Allah [dosa yg kekal yg tdk dpt diampuni], spt ada tertulis: “Kalau ada seseorang melihat saudaranya berbuat dosa, yaitu dosa yg tidak mendatangkan maut, hendaklah ia berdoa kpd Allah dan Dia akan memberikan hidup kpdnya, yaitu mereka, yg berbuat dosa yg tidak mendatangkan maut.

Ada dosa yg mendatangkan maut: tentang itu tdk kukatakan, bahwa ia hrs berdoa. Semua kejahatan adl dosa, tetapi ada dosa yg tdk mendatangkan maut [1 Yoh 5:16-17]“. Dosa yg tidak mendatangkan maut adl dosa yg tdk disengaja, spt ada juga tertulis: “Segenap umat Israel akan beroleh pengampunan, juga orang asing yg tinggal di tengah-tengahmu, karena hal itu dilakukan oleh seluruh bangsa itu dengan tidak sengaja [Bil 15:26]“. Sedangkan Dosa yg mendatangkan maut adl dosa yg disengaja, spt juga ada tertulis: “Tetapi orang yg berbuat sesuatu dgn sengaja, baik orang Israel asli, baik orang asing, orang itu mjd penista Tuhan, ia hrs dilenyapkan dari tengah-tengah bangsanya, sebab ia telah memandang hina terhadap firman Tuhan dan merombak perintahNya; pastilah orang itu dilenyapkan, kesalahannya akan tertimpa atasnya [Bil 15:30-31]“.

Jadi jika kamu memang benar-benar merasa sdh beroleh bagian dlm Yesus Kristus dan telah memperoleh pengetauan tentang kebenaran yg sejati, maka Imanmu akan kandas dan mati dan tdk dpt dipulihkan lagi jikalau kamu berbuat dosa dgn sengaja, krn kamu telah berpaling dari perintahNya yg kudus dan kamu akan dibuang olehNya, spt ada tertulis: “Jadi karena engkau suam-suam kuku, dan tidak dingin atau panas, Aku akan memuntahkan engkau dari mulutKu [Wah 3:16]“. “Barangsiapa yg berbuat jahat, biarlah ia terus berbuat jahat; barangsiapa yg cemar, biarlah ia terus cemar; dan barangsiapa yg benar,biarlah ia terus berbuat kebenaran; barangsiapa yg kudus, biarlah ia terus menguduskan dirinya [Wah 22:11]“.
“Sedikit ragi sudah mengkhamirkan seluruh adonan [Gal 5:9]“. Artinya sedikit dosa saja sudah mencemari dan merusak seluruh kekudusan hidupmu. “Karena itu setiap orang yg tetap di dlm Dia, tdk berbuat dosa lagi; setiap orang yg tetap berbuat dosa, tdk melihat dan tdk mengenal Dia [1 Yoh 3:6]“.

“Allah memanggil kita bukan untuk melakukan apa yg cemar, melainkan apa yg kudus [1 Tes 4:7]“. Maka dari itu: “Hiduplah sebagai anak-anak yg taat dan jangan turuti hawa nafsu yg menguasai kamu pada waktu kebodohanmu, tetapi hendaklah kamu menjadi kudus di dalam seluruh hidupmu sama spt Dia yg kudus, sebab ada tertulis: Kuduslah kamu, sebab Aku kudus [1 Pet 1:14-16]“. “Supaya waktu yg sisa jangan kamu pergunakan menurut keinginan manusia, tetapi menurut kehendak Allah [1 Pet 4:2]“. “Dan Kristus telah mati untuk semua orang, supaya mereka yg hidup, tdk lagi hidup utk dirinya sendiri, tetapi utk Dia, yg telah mati dan telah dibangkitkan utk mereka [2 Kor 5:15]“.

Sumber: kristensejati.com
Haleluya!

Share this :

Previous
Next Post »

close
close