Kenapa Kulit Mengkerut Apabila Terkena Air Cukup Lama ?

18.30.00
Terkadang, ketika kita mandi atau bermain-main air dalam jangka waktu lama, telapak tangan khususnya di bagian ujung-ujung jari muncul kerutan. Kenapa hal itu dapat terjadi? Menurut sebuah penelitian tentang sisi keelastisan kulit menjelaskan bahwa kulit manusia akan mengkerut apabila terkena air dalam waktu yang lama karena permukaan terluar kulit menyerap air yang dapat mengakibatkan kulit tersebut menjadi elastis atau melar dalam jangka waktu yang terbatas.

Dijelaskan pula bahwa ketika kulit tersebut sudah benar-benar kering, maka dengan sendirinya kulit akan kembali seperti sediakala. Ketika mengalami elastisitas, sel-sel kulit terluar akan membentuk seperti sebuah tatanan batu bata dengan kerapatan yang besar. 2 fisikawan yang meneliti hal ini, Professor Roland Roth dan Tubingen University dan Dr Myfanwy Evans dari Erlangen University menjelaskan, "Permukaan kulit terluar manusia dipenuhi dengan jaringan filanemen yang terbuat dari keratin protein."

Setiap helai keratinnya yang awalnya berbentuk kecil dan sangat rapat dengan lainnya akan meningkat volumenya menjadi 5 kali lipat ketika terkena air. Bahkan, menurut mereka, kerutan-kerutan seperti ini sangat dibutuhkan oleh manusia, khususnya yang masih berumur muda untuk membantu sel kulit untuk lebih aktif (membengkak dan menyusut). Namun, ada batasan-batasan khusus yang dimiliki sel-sel jaringan kulit manusia. Apabila rentang waktu dan jumlah air yang diterima oleh permukaan kulit cukup besar dan lama, maka dikhawatirkan justru merusak struktur fisik kulit.

Sumber: merdeka.com

Share this :

Previous
Next Post »

close
close