Jangan Main Smartphone di Atas Jam 9 Malam !

12.31.00
Menurut penelitian terbaru, penggunaan smartphone di atas jam 9 malam terutama untuk keperluan kerja justru akan menyedot energi Anda keesokan harinya dan membuat Anda teler. Penelitian yang dilakukan oleh seorang sarjana bisnis dari Michigan State University, Amerika Serikat yang dilakukan ke pekerja di AS ini menemukan fakta bahwa orang-orang yang masih menggunakan smartphone untuk tujuan bisnis setelah 9 malam akan merasa lebih lelah dan kurang bertenaga pada keesokan harinya.


"Smartphone dirancang hampir sempurna untuk mengganggu tidur Anda," kata Russell Johnson, peneliti dari Michigan State University, seperti dilansir Telegraph (23/1). "Hal ini karena smartphone membuat mental dan fisik kita tetap terjaga hingga larut malam, smartphone membuat penggunanya sulit untuk melepaskan diri dari pekerjaan sehingga tidak dapat bersantai dan tertidur." tambahnya. Peneliti ini sendiri dilakukan dengan meminta 82 manajer tingkat perusahaan untuk menyelesaikan beberapa survei setiap hari selama dua minggu. Peneliti juga melakukan survei pada 161 karyawan dalam berbagai pekerjaan mulai dari keperawatan, akuntan, hingga dokter gigi.

Penelitian ini juga membandingkan penggunaan smartphone dengan perangkat elektronik lainnya dan menemukan bahwa smartphone memiliki efek negatif yang lebih besar daripada menonton televisi dan menggunakan laptop ataupun tablet PC. Smartphone sendiri juga dikabarkan memancarkan zat 'blue light', yang diketahui dapat menghambat melatonin, zat kimia dalam tubuh yang mempromosikan rasa kantuk pada tubuh manusia. Oleh karena itu, hindarilah menggunakan smartphone di atas jam 9 malam agar Anda bisa tidur dengan nyenyak dan kembali bugar keesokan harinya.

Sumber: merdeka.com

Share this :

Previous
Next Post »

close
close