Prediksi Final Sepak Bola Sea Games 2013 Indonesia Vs Thailand Lengkap

14.56.00
Indonesia vs Thailand menjadi laga pamungkas dalam cabang olah raga sepak bola sea games 2013 Myanmar. Garuda muda selangkah lagi sanggup memenuhi target medali emas yang dibebankan kepada anak asuhan Rahmad Darmawan ini, jika saja pada pertandingan yang akan digelar di di Stadion Zeyar Thiri, Myanmar ini Timnas mampu menundukan tim Gajah Putih Thailand.


Meskipun menurut rekor pertemuan, Indonesia masih kalah jauh jika berjumpa dengan tim Thailand. Sepanjang sejarah sepak bola Sea Games yang sudah digelar sejak tahun 1977 di Malaysia, Indonesia tercatat sudah bertemu dengan Thailand sebanyak 18 kali. Dengan rekor 4 kali menang, 1 seri, 12 kali dan sekali lagi dihentikan karena ricuh. Meski demikian jika kita melihat 2 pertandingan terakhir tim garuda muda, kita masih bisa berharap banyak terhadap Kurnia Meiga dkk untuk membawa pulang medali emas ke tanah air, saat pertandingan terakhir di babak penyisihan grup, Indonesia mampu menjinakan tuan rumah Myanmar dengan skor 1-0, meskipun produktifitas Indonesia tidak sebagus Myanmar, akan tetapi Indonesia berhak lolos karena menang head to head.

Pun demikian dipartai semifinal melawan Malaysia, garuda muda memberkan pola permainan yang sudah sangat berkembang jika dibandingkan dengan pertandingan awal di sepak bola sea games 2013 ini, dan akhirnya setelah berbagi skor 1-1 saat waktu normal dan babak perpanjangan waktu. Indonesia akhirnya mampu memang dalam drama adu penalti dengan skor 4-3 setelah sang kapten Kurnia Meiga berhasil mengagalkan 2 kali tembakan pemain Malaysia. Ini merupakan final kedua secara berturut-turut untuk tim Indonesia, setelah pada sea games 2011 yang lalu Indonesia U-23 harus puas dengan medali perak setelah di partai final dikalahkan Malaysia. Thailand Lolos ke partai final ini setelah pada babak penyisihan mampu keluar menjadi pimpinan grup. Saat penyisihan Thailand mampu melumat Indonesia dengan skor 4-1. Kala itu, Thailand tampil brilian. Skuat Gajah Putih, julukan Thailand, dengan sabar dalam menahan gempuran Indonesia, namun menakutkan saat melancarkan serangan.

Belajar dari pengalaman kemarin, Pelatih Indonesia U-23, Rahmad Darmawan, sudah mempersiapkan menyiapkan strategi yang jitu saat kembali menghadapi Thailand di partai final ini. RD menjelaskan akan memperkuat lini tengahnya. Salah satu pelatih kenamaan Indonesia ini bahkan menyatakan siap menumpuk pemainnya di lini tengah dengan menggunakan skema 4-5-1. Strategi ini digunakan untuk membendung serangan Thailand yang terkenal cepat dan memiliki skill individual di atas rata-rata.
Di kubu Thailand sendiri Meski meraih kemenangan atas Indonesia di laga sebelumnya, pelatih Thailand, Kiatisuk Senamuang, mengaku tak ingin meremehkan. Menurutnya duel di partai final akan jauh berbeda dibanding laga di penyisihan grup.

“Indonesia tim yang kuat, terbukti mampu ke final. Sebelumnya juga mengalahkan tuan rumah Myanmar dan Malaysia,” kata eks striker dan kapten Timnas Thailand itu. Thailand merupakan Negara pengumpul medali emas cabang sepak bola SEA Games terbanyak. Sampai saat ini sudah sebanyak 13 medali emas yang berhasil mereka kumpulkan. Dan 8 diantaranya didapatkan pada medio 1993 hingga 2007.

Sementara itu meskipun menjadi salah satu kekuatan sepak bola Asia tenggara, Indonesia baru 2 kali merebut medali emas di cabang olah raga sepak bola pada 1987 dan 1991. Itupun terjadi sebelum ada peraturan baru bahwa yang diturnkan di ajang ini adalah timnas U23 negara masing-masing.
Rekor Pertemuan / Head To Head Indonesia vs Thailand
  • SEA Games 1977 Indonesia 1-1 Thailand (laga semifinal)
  • SEA Games 1979 Fase grup: Indonesia 1 – 3 Thailand
  • Fase play-off: Indonesia 0 – 0 Thailand (Indonesia menang adu penalti 3-1 ke final)
  • SEA Games 1981 Thailand 2 – 0 Indonesia
  • SEA Games 1983 Thailand 5 – 0 Indonesia
  • SEA Games 1985 Thailand 7 – 0 Indonesia
  • SEA Games 1987 Indonesia 0 – 0 Thailand
  • SEA Games 1991 Indonesia 0 – 0 Thailand (Indonesia menang adu penalti 4-3)
  • SEA Games 1993 Thailand 1 – 0 Indonesia
  • SEA Games 1995 Thailand 2 – 1 Indonesia
  • SEA Games 1997 Indonesia 1 – 1 Thailand (Thailand menang adu penalti skor akhir 3-5)
  • SEA Games 2001 Thailand 2 – 1 Indonesia
  • SEA Games 2003 Indonesia 0 – 6 Thailand
  • SEA Games 2005 Thailand 3 – 1 Indonesia
  • SEA Games 2007 Thailand 2 – 1 Indonesia
  • SEA Games 2011 Indonesia 3 – 1 Thailand
  • SEA Games 2013 Indonesia 1–4 Thailand
Perkiraan susunan pemain

Indonesia U-23
Kurnia Meiga; Diego Michaels, Manahati Lestusen, Mokhamad Syaifuddin, Alfin Tuasalamony; Egi Melgiansyah, Dedi Kusnandar; Ramdani Lestaluhu, Bayu Gatra, Fandi Eko Utomo, Yandi Sofyan M
 
Thailand U-23
Ukril, Komkrit, Kaewsooktae, Jantakol, Kayem, Donchul, Attapong, Yooyen, Kroekrit, Krisorn, Rangsiyo

Laga panas final sepak bola sea games 2013 Myanmar antara Indonesia vs Thailand ini akan digelar di Stadion Zeyar Thiri, mulai pukul Pukul 19.30 WIB dan rencanaya akan disiarkan secara langsung oleh SCTV.

Share this :

Previous
Next Post »

close
close