Cetakan Pertama Terjemahan Kitab Mazmur Dihargai Rp 166 Miliar

15.16.00
Terjemahan Kitab Mazmur yang dicetak pertama kali pada 1640 kemarin menjadi buku termahal sejagat setelah dilelang di Kota New York, Amerika Serikat. Terjemahan kitab itu dicetak oleh penduduk di Cambridge, Massachusetts, itu akhirnya terjual dengan harga Rp 166 miliar hanya dalam waktu beberapa menit di rumah lelang Sotheby's, seperti dilansir situs asiaone.com, Rabu (27/11).



Sebelum terjual, lelang kitab itu dibuka pada harga Rp 71 miliar. Kitab yang lembar halamannya berwarna coklat dan itu tampak dikemas dalam kotak kaca. Lelang yang dihadiri sedikit pengunjung itu hanya berlangsung kurang dair lima menit. Penduduk Cambridge yang mencetak kitab itu datang ke Amerika dari Eropa untuk mencari kebebasan beragama. Mereka akhirnya lebih memilih membuat terjemahan kitab Mazmur sendiri yang aslinya berbahasa Ibrani.

Rumah lelang Sotheby mengatakan pembeli kitab itu adalah David Rubenstein, seorang miliarder dan filantropi. Saat lelang itu dia tengah berada di Australia dan melakukan penawaran via telepon. Kepala Rumah Lelang Sotheby's David Redden mengatakan kitab Mazmur itu menjadi buku termahal di dunia yang pernah dicetak. Rekor sebelumnya dicapai oleh karya James Audubon "Birds of America" yang terjual dengan harga Rp 136 miliar pada Desember 2010.

Menurut Redden, sang pembeli kitab Mazmur itu berencana meminjamkan kitab miliknya ke sejumlah perpustakaan di Amerika.

Sumber: merdeka.com

Share this :

Previous
Next Post »

close
close