Windows Azure, Cloud OS Favorit Developer Aplikasi

22.32.00
Bila memperhatikan nama Windows Azure, pastinya belum banyak orang yang tahu terkait produk dari Microsoft yang satu ini. Yang pasti, Windows Azure bukanlah sistem operasi perangkat layaknya Windows XP, Windows 7, Windows Vista, ataupun Windows 8. Windows Azure merupakan sebuah sistem operasi berbasis cloud computing. Dengan Windows Azure, kita dapat dengan mudah membangun sebuah aplikasi melalui cloud, baik berupa teknologi web application, cloud service, maupun aplikasi-aplikasi jenis lainnya yang berjalan di atas virtual machine.


Salah satu yang menjadi keunggulan dari Windows Azure adalah kemampuannya untuk menjalankan aplikasi dari berbagai jenis teknologi dan platform, diantaranya adalah .NET (sebagai teknologi dari Microsoft), JAVA, dan juga PHP. Hal ini tentunya sangat memudahkan para developer saat melakukan pengembangan sebuah aplikasi. Sebagai contoh, bila kita membutuhkan dan ingin menggunakan software service SQL, kita tidak perlu lagi repot-repot untuk meng-install SQL Server terlebih dahulu. Dengan Windows Azure kita dapat langsung menginstalnya karena telah dibekali framework khusus yaitu Azure Service Platform.

"Microsoft kurang lebih telah berkecimpung di dunia public cloud sejak 35 tahun lalu. Kami tahu apa yang dibutuhkan dan bagaimana memudahkan pengguna. Windows Azure salah satu contoh produk kami dari segmen public cloud yang kini menjadi favorit pengguna," jelas Developer Platform and Evangelism Director Microsoft Indonesia, Risman Andan. Pada gelaran Microsoft TechDays 2013 yang berlangsung 23-24 Oktober, pihak Microsoft Indonesia sendiri menyediakan section Tech Experience yang bertujuan memperkenalkan produk-produk layanan cloud computing besutan mereka. Salah satu yang dipromosikan di section Tech Experience itu adalah Windows Azure.

Menurut Aldo selaku salah satu instruktur di section Tech Experience yang juga berprofesi sebagai pengembang aplikasi, Windows Azure sangat memanjakan dan memacu para developer aplikasi untuk terus bereksperimen. "Penggunaannya sangat mudah, para pengguna yang sudah biasa mengembangkan aplikasi pasti merasa sangat 'enteng' bila menggunakan platform Windows Azure," kata Aldo.

Sumber: liputan6.com

Share this :

Previous
Next Post »

close
close