Alasan kenapa tidur dalam gelap lebih dianjurkan

23.07.00
Ada orang-orang yang suka tidur dengan lampu terang benderang, namun ada pula yang suka tidur dalam keadaan gelap. Berikut penjelasan secara sains kenapa banyak orang suka tidur dengan lampu mati. Alasan paling umum adalah karena dengan lampu menyala maka mereka yang suka tidur dalam keadaan gelap merasa terganggu. NYala lampu tersebut mengakibatkan mata silau walaupun sudah terpejam.

Namun, dikutip dari Digital Journal (28/10), ternyata tidur dengan lampu mati tersebut dapat membantu otak beristirahat. Dalam suatu laporan yang tercantum di Journal of Cognitive Neuroscience Science, cahaya lampu mampu terus mengaktifkan sel-sel dalam otak dan membuat manusia akan sulit untuk terlelap dengan cepat.

"Kita meneliti bahwa otak masih merespon keadaan dan bekerja aktif ketika lampu menyala. Hal tersebut juga dialami oleh orang-orang yang memiliki keterbatasan dalam melihat (buta) sekalipun," jelas salah seorang peneliti, Steven Lockley.  Bahkan menurut penelitian yang dilakukan oleh sekelompok ilmuwan gabungan dari University of Montreal dan Boston Brigham and Women Hospital menyebutkan bahwa tidur dalam gelap sudah dipraktikkan sejak berabad-abad silam.

Sumber: merdeka.com

Share this :

Previous
Next Post »

close
close