Sumpah Pemuda, Mendikbud berharap Bahasa Indonesia mendunia

13.25.00
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Nuh membuka secara resmi Kongres Bahasa Indonesia X, dengan tema Penguatan Bahasa Indonesia di Dunia Internasional di Ball Room, Hotel Grand Sahid, Jakarta Pusat. Dalam sambutannya, M Nuh berharap bahasa Indonesia bisa mendunia. Kongres berlangsung mulai 28-31 Oktober 2013 sebagai upaya meningkatkan mutu Bahasa Indonesia di kancah internasional. Peserta kongres yang hadir sebanyak 1.168 orang dari latar belakang berbeda, seperti para pakar, pendidik dan tenaga kependidikan, sastrawan, budayawan, mahasiswa ataupun peminat bahasa dan para pejabat negara luar negeri sebagai perwakilan bahasa.


"Mau tidak mau Bahasa Indonesia harus diperkuat dengan bahasa yang kita miliki," kata M Nuh dalam pidatonya di Ball Room Hotel Grand Sahid. M Nuh mengatakan, pemerintah besarta elemen masyarakat memikirkan dan meningkatkan bahasa Indonesia di kancah internasional.

"Justru dengan meningkatnya bahasa ingin beri makna positif, Indonesia tidak berkeinginan menjajah dunia," lanjutanya. M Nuh memberikan alasan kenapa Bahasa Indonesia harus semakin diperkuat. "Karena antara bahasa, bangsa, dan negara itu tidak bisa dipisahkan, ini adalah satu kesatuan," ujarnya.

Sumber: merdeka.com

Share this :

Previous
Next Post »

close
close