Pewarna makanan dapat menyebabkan hiperaktif

23.15.00
Ada begitu banyak vitamin dan suplemen penambah nafsu makan yang beredar di pasaran untuk anak-anak. Kebanyakan dari vitamin tersebut mengandung zat pewarna makanan yang dapat membuat makanan terlihat menarik bagi anak-anak.  Zat pewarna makanan yang biasa dipakai adalah tartrazine, quinoline yellow, sunset yellow, carmoisine, ponceu, dan allura merah.

Seperti dilansir dari dailymail.co.uk, badan kesehatan di Inggris mendesak agar pemakaian pewarna makanan segera dihentikan. Hal ini disebabkan karena mereka menemukan bahwa zat makanan tersebut mempengaruhi kinerja otak anak-anak. Namun ternyata hingga saat belum ada penelitian yang menunjukkan korelasi antara zat pewarna makanan dengan tingkat hiperaktif anak-anak. Malahan, zat pewarna makanan ini dapat membangkitkan nafsu makan anak-anak yang mengonsumsinya.

Zat pewarna makanan memang penting untuk beberapa makanan kemasan yang diproduksi secara masal. Namun batasi konsumsinya karena bagaimanapun juga zat pewarna makanan adalah zat kimia yang tidak baik apabila dikonsumsi secara berlebihan.

Sumber: merdeka.com

Share this :

Previous
Next Post »

close
close