Apa Benar Refresh Desktop Bisa Percepat Kinerja Komputer ?

09.18.00
EkoDoc- Sebagian besar pengguna Windows pastinya melakukan refresh desktop saat kinerja perangkat mereka tersendat. Namun, apakah metode ini efektif? Tercatat, memang hampir sebagian besar pengguna Windows mulai dari 95 hingga 8 saat ini melakukan cara tersebut saat komputer atau notebook mereka hang atau tersendat operasinya. Anehnya, entah datangnya dari mana, praktik yang tak jelas juntrungannya seperti ini pun subur hingga sekarang.


Padahal, untuk diketahui, melakukan refresh di desktop tak akan mempercepat kinerja komputer atau notebook Anda. Hal ini dikarenakan fungsi refresh di desktop memang tak ditujukan untuk hal tersebut.

Lantas, apa fungsi dari tombol refresh tersebut?

Seperti yang dilansir oleh Instant Fundas (25/2/2008), fungsi tombol tersebut sebenarnya untuk memperbarui tampilan dari desktop itu sendiri. Jadi, ketika Anda mengubah tampilan desktop dan ternyata perubahan tak terjadi seketika itu juga, maka tinggal klik refresh untuk memperbarui tampilan desktop tersebut. Refresh pada desktop ini sendiri sebenarnya memang banyak berfungsi. Misalnya saja jika desktop Anda penuh dengan ikon shortcut software-software atau sering berganti wallpaper, refresh sangat dibutuhkan.

Yang kemudian jadi pertanyaan, harusnya seperti apa jika kita ingin mempercepat kinerja komputer yang hang atau tersendat?

Hal ini sebenarnya sudah disediakan oleh Microsoft dalam OS Windows berbagai versi. Caranya cukup klik Start dan pilih Hibernate, Sleep, atau Restart. Dengan cara ini, RAM dan CPU akan melepaskan sejumlah entry perintah yang sedang antre untuk diproses. Pelepasan ini pun akan membuat kinerja komputer kembali normal dan bebas dari hang. Namun, jika menurut Anda melakukan Hibernate, Sleep, atau Restart komputer terlalu repot, tinggal upgrade saja komputer atau notebook Anda dengan CPU dan RAM yang lebih besar. Dengan RAM dan CPU yang lebih besar, maka kinerja komputer akan terasa lebih cepat.

Sumber: merdeka.com

Share this :

Previous
Next Post »

close
close