Rabu, 25 September 2013

Mudah Terbangun Di Malam Hari? Ini sebabnya!

  Eko Sutrisno       Rabu, 25 September 2013
EkoDoc- Beberapa orang mudah terbangun ketika tidur di malam hari akibat sedikit suara bising. Sementara yang lain bisa terlelap meski ada gempa yang menyerang. Kenapa begitu? Menurut para ahli, gen, gaya hidup yang dijalani, serta gangguan tidur yang tidak terdiagnosis mungkin menjadi penyebab di balik kondisi tersebut. Sementara itu, beberapa penelitian juga menyebutkan kalau aktivitas gelombang otak ketika tidur juga memengaruhi seseorang yang mudah terbangun atau tidak


Sebagaimana dilansir dari Huffington Post, salah satu penelitian tahun 2010 silam dalam jurnal Current Biology sempat menjelaskan kenapa seseorang mudah terbangun ketika tidur di malam hari. Menurut peneliti, orang yang otaknya menciptakan poros tidur dengan frekuensi tinggi cenderung tidak mudah terbangun meski ada suara bising di sekitarnya.Sementara itu, gangguan tidur seperti apnea juga diduga membuat membuat seseorang mudah terbangun ketika tidur di malam hari. Hal tersebut dikarenakan proses bernapas yang tidak teratur yang memicu terbangunnya seseorang.

Ada pula teori yang menyebutkan kalau gaya hidup, termasuk di antaranya merokok, minum alkohol, dan obat-obatan pun memengaruhi nyenyak tidaknya seseorang saat tidur. Para ahli pun menyarankan agar pola tidur dilakukan dengan baik demi menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Kebiasaan buruk seperti merokok juga sebaiknya dihentikan. Kemudian cobalah untuk tidur di suasana yang sejuk, gelap, dan tenang demi membuat Anda tidak mudah terbangun di malam hari.

Sumber: merdeka.com
logoblog

Thanks for reading Mudah Terbangun Di Malam Hari? Ini sebabnya!

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar